Beranda Halmahera Barat Bawaslu Halbar Gelar Rakor Penguatan Internal di Seluruh Panwascam Halbar

Bawaslu Halbar Gelar Rakor Penguatan Internal di Seluruh Panwascam Halbar

227
0
BAGIKAN

JAILOLO – Badan Pengawasan Pemilu Kabupeten Halmahera Barat (Bawaslu Halbar) mengelar rapat koordinasi untuk penguatan internal bersama seluruh Panwascam dan Sekertaris Panitia Pengawasan Pemilu Kecamatan (Panwascam) se Halbar, yang di bertempat di d’Hoek Desa Hatebicara Kecamatan Jailolo pada Selasa (22/01).

Kegiatan yang dihadiri oleh Devisi Penangganan Pelanggaran Bawaslu Maluku Utara (Malut) Aslan Hasan, Ketua Bawaslu Halbar Alwi Ahmad, Kordiv HPP Aknosius Datang, Kordiv PHL Muhammadun H Adam, Kordinator Sekertaris Bawaslu Halbar Haryanto M Taher, Devisi Tehnik KPU Halbar, Iwan H Kader, Devisi SDM KPU Halbar Apner Saban, dan Panwascam serta Sekertaris Panwascam se- Halbar.

Ketua panitia Fergy J Wenur, dalam laporannya, mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini, untuk menguatkan Internal teknis pengawasan Pemilu tahun 2019, khususnya di Pengawasan tingkat Kecamatan se-Halbar.

“Sebagaimana yang telah diamanatkan dalam undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu yang bersih, sehingga terwujudnya Pemilu 2019 yang bermartabat yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April mendatang,” ujar Fergy.

Ketua Bawaslu Halbar Alwi Ahmad, dalam sambutannya dan sekaligus membuka Rakor, mengharapkan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti setiap kegiatan seperti ini yang dilaksanakan oleh jenjang diatasnya.

“Dan setiap materi yang diberikan dapat lebih ditingkatkan sekaligus disosialisasikan ke jenjang dibawah, juga sering berkoordinasi dengan jenjang diatasnya bila terdapat kendala di lapangan,” pinta Alwi.

Sementara itu, Devisi Penangganan Pelanggaran Bawaslu Malut Aslan, dalam arahannya, mengatakan, tujuan kegiatan yang dilaksanakan ini untuk penguatan kelembagaan secara berjenjang.

“Dimana pada kegiatan dilakukan guna memboboti kapasitas dan kemampuan seluruh elemen pengawasan secara berjenjang dalam menjalankan tugas-tugas pengawasan itu sendiri,” katanya.

Untuk itu diharapkan kepada para peserta agar dapat mengikuti dengan baik sehingga dalam menghadapi atau pada menjalankan setiap kegiatan pengawasan para pengawas dilapangan khususnya ditingkatkan kecamatan sudah selalu siap,” tutup Aslan.

Usai penyampaian sambutan, kegiatan rakor dilanjutkan dengan diskusi dengan berbagai materi dan narasumbernya, yakni Mekanisme Kajian laporan dibawakan langsung oleh Kordiv HPP Aknosius Datang, Pengawasan Pemilu 2019 dibawakan oleh Kordiv PHL Muhammadun H Adam, Prosedur pemungutan dan perhitungan suara oleh Devisi Tehnik Iwan Kader dan Kampanye dan Sistem Pengawasan APK oleh Devisi SDA KPU Halbar, Apner Saban.(Uk)