Beranda Halmahera Utara Antisipasi Cuaca Buruk, BPBD Halut Keluarkan Himbauan

Antisipasi Cuaca Buruk, BPBD Halut Keluarkan Himbauan

283
0
BAGIKAN

TOBELO –Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Halmahera Utara akirnya mengeluarkan surat himbauan bernomor 360 tahun 2019. Surat berperihal penting tersebut, menghimbau masyarakat Halmahera Utara untuk selalu waswada mencermati kondisi cuaca di wilayah Indonesia.

Dalam himbauan tersebut, juga dijelaskan bahwa kondisi cuaca diakibatkan terjadinya fenomen Supermoon di mana posisi bulan berada pada titik terdekat dengan bumi, yang dapat mempengaruhi kondisi pasang maksimum air laut di wilayah-wilayah pesisir. Hal ini juga memungkinkan terjadinya air pasang yang besar, bajir bandang dan banjir rob.

Selain itu, surat yang ditandatangani langsung oleh Kepala BPBD Halut, Abner Manery juga mengingatkan kewaspadaan masyarakat agar selalu berhati-hati, karena sangat berpeluang terjadinya curah hujan dengan intesitas tinggi, angin kencang, gelombang tinggi, hingga kepada banjir dan longsor.

Menurut Kepala Badan, surat himbauan tersebut sudah disampaikan ke pemerintah desa. “Kami sudah memberikan surat himbauan ke pemerintah desa, untuk kemudian diinformasikan sedetail mungkin kepada setiap warga”, ucap Abner Manery berbicara kepada media ini melalui komunikasi seluler.

Sekedar diketahui, dalam surat himbauan yang dikeluarkan BPBD, juga dirincikan, fenomena Supermoon yang berdampak pada cuaca buruk, akan terjadi antara Januari sampai dengan Februari. (Enold)