Beranda Maluku Utara Bawaslu Ajak Kwarcab Morotai Sukseskan Pemilu Damai dan Bermartabat 

Bawaslu Ajak Kwarcab Morotai Sukseskan Pemilu Damai dan Bermartabat 

231
0
BAGIKAN

MOROTAI – Untuk mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) damai dan bermartabat tahun 2019, Senin (28/01) Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pulau Morotai mengelar rapat bersama gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Pulau Morotai.

Rapat yang digelar Bawaslu dan Kwarcab Morotai di kantor Bawaslu Pulau Morotai ini, tujuannya untuk mensukseskan kegiatan perkemahan Saka Adyasta Pemilu yang akan digelar pada tanggal 9 Februari tahun 2019 di kecamatan Morotai Timur (Mortim).

Sekretaris Kwartir Cabang Pulau Morotai, Hi. Abdul Karim, yang mengutip penyataan salah satu Devisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Morotai, Murjad Hi. Untung, dalam rilisnya kepada media ini menyampaikan, ”Pemilu merupakan sarana perwujudan kedaulatan rakyat, sekaligus sarana aktualisasi, partisipasi masyarakat sebagai pemegang kedaulatan dalam penentuan jabatan publik. Sebagai pemegang kedaulatan, posisi masyarakat dalam Pemilu harus ditempatkan sebagai subyek, termasuk dalam mengawal integritas Pemilu, salah satunya melalui pengawasan Pemilu,” ucapnya.

Dalam mengawasi penyeleggaraan Pemilu agar berjalan demokratis, luber dan jurdil, kata dia,  “Salah satu upayanya adalah mengajak segenap kelompok masyarakat untuk terlibat dalam partisipasi pengawasan tersebut, termasuk melibatkan gerakan pramuka sebagai pemilih pemula. Untuk berperan aktif dan di berikan pemahaman dalam kegiatan perkemahan Adyasta Pemilu nanti,” tambahnya.

Sementara Muhammad M. Kharie selaku Ketua Kwartir Cabang Morotai, yang juga Sekda Pulau Morotai mengungkapkan, ”Pemerintah daerah akan mendukung sepenuhnya terkait dengan kegiatan perkemahan Adiyatsa Pemilu yang nanti akan di gelar atas kerjasama antara Kwarcab Morotai dengan Bawaslu, dan perlu dilaksanakan untuk memberikan pengenalan tentang penyelenggaran Pemilu secara dini dan gerakan kepramukaan juga perlu dijadikan sebagai tempat belajar, yaitu berorganisasi, bergotong-royong, memupuk persaudaraan dan membina kerukunan antar sesama,” ungkapnya.

Terpisah, Sekretaris Kwartir Cabang Hi. Abdul Karim, yang juga sebagai Kepala Bagian (Kabag) Humas Setda Pulau Morotai mengatakan, ”Draft tata laksana kegiatan perkemahan Adyaksa Pemilu 2019 yang akan digelar pada tanggal 9 Februari 2019 di bumi perkemahan kecamatan Mortim, itu sangat penting bagi pelajar SMA/SMK dan MA yang sudah memasuki jenjang penegak bantara, penegak pandega dan penegak laksana,” terangnya.

Dia menambahkan, ”Rencana peserta yang akan di persiapkan itu sebanyak 100 penegak dan panwas kecamatan se kabupaten Pulau Morotai,” tandasnya.

Diketahui bahwa, dalam kegiatan rapat yang digelar di kantor Bawaslu itu dihadiri oleh, Ketua Bawaslu Morotai Lukman Wangko, Kasatpol-PP Yanto A Gani, Sekretaris Dikbud Mauluddin Wahab, Sekretaris Dispar Husen Moni, Sekretaris Bawaslu Jamaluddin, serta tamu undangan lainnya.(Ical)