Beranda Maluku Utara Dalik Gafur: Hari Ini, Tim BNPB Pusat Tinjau Lokasi Banjir

Dalik Gafur: Hari Ini, Tim BNPB Pusat Tinjau Lokasi Banjir

262
0
BAGIKAN
Dalik Gafur, kepala BPBD Kabupaten Pulau Morotai.

MOROTAI – Sebanyak tiga orang tim dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Rabu (30/01) melakukan kunjungan di Kabupaten Pulau Morotai.

“Tujuan dari kunjungan BNPB pusat ini, selain meninjau langsung lokasi banjir bersama BPBD, Dinas PUPR, dan Disperkim Pulau Morotai. Mereka juga melakukan investigasi di setiap desa yang di landa banjir,” kata Kepala BPBD Pulau Morotai Dalik Gafur, saat dikonfirmasi media ini di ruang kerjanya.

Peninjauan langsung yang dilakukan oleh BNPB pusat itu dalam rangka penanganan darurat pada masa tanggap darurat yang sudah di tetapkan oleh Bupati Morotai, sejak tanggal 18 Januari 2019 lalu.

”Jadi tim dari pusat yang turun ini, selain melakukan investigasi desa-desa yang kena banjir di lima kecamatan. Mereka juga melakukan pengambilan data, sehingga bisa dilakukan perbaikan sarana dan prasarana yaitu jembatan, kemudian bantuan kebutuhan dasar berupa sembilan bahan pokok kepada warga yang terkenah banjir di lima kecamatan,” ucapnya.

Dijelaskan, ”Bencana banjir yang dialami masyarakat Morotai mulai dari tanggal 18-28 Januari 2019 itu sebanyak 45 desa, terdiri dari 400 rumah. Sehingga bantuan berupa sembako secepatnya diberikan kepada mereka,” terangnya.

Selain itu, kata Dalik, “Kami juga akan memberikan proposal kepada tim BNPB pusat, agar selain dari sembako yang diberikan, maka kami juga bisa mendapatkan bantuan sarana dan prasaran pendukung berupa fasilitas di kantor,” harapannya. (Ical)