Beranda Maluku Utara Alami Sakit Jantung Warga Negara Korea Selatan Dievakuasi Basarnas dari atas Kapal...

Alami Sakit Jantung Warga Negara Korea Selatan Dievakuasi Basarnas dari atas Kapal MV Dynapure

280
0
BAGIKAN
Dok: Basarnas

TERNATE – Tim SAR Gabungan dari unsur Basarnas Kelas IIB Ternate, TNI/Polri, Bea dan Cukai, KKP, dan KSOP kota Ternate berhasil mengevakuasi salah satu kru kapal MV. DYNAPURE rute Pelayaran Jepang – Australia Kamis malam (31/01).

Rilis yang diterima media ini dari bagian Humas Basarnas Kelas IIB Ternate, mereka menerima informasi dari salah satu kru MV. DYNAPURE, Mr Gimhean via HP Satelite, bahwa salah satu dari kru kapalnya mengalami serangan jantung dan meminta untuk segera dilakukan Medevac (Madical Evacuation).

“Jarak perjalanan ke titik intercept 12, 9 Nm, Estimasi waktu tiba 35 menit 18 detik” kata Kepala Basarnas Ternate, M Arafah melalui Kepala Seksi Operasi dan Siaga SAR Kantor Pencarian Dan Pertolongan Ternate Syaiful Wijanarta, di pelabuhan A Yani Ternate.

Syaiful menambahkan, pukul 21.18 wit tim, SAR Gabungan berhasil mengevakuasi korban dengan menggunakan KN SAR 237 Padudewanata pd koordinat 0°44’36″N / 127°16’19” E, dengan nama korban Yim Seung Ja (68) Kewarganegaraan Korea Selatan” tuturnya.

Syaiful menambahkan, pukul 21.55 Wit, KN SAR 237 Pandudewanata tiba di Pelabuhan A Yani, dan korban langsung dibawa ke RS Dharma Ibu dengan menggunakan ambulance KKP untuk mendapat pertolongan lebih lanjut.

“Saat misi penyelamatan anggota Basarnas sebanyak 14 personil, Lanal Ternate 3 personil, Agen Aksar 1 personil, Polairud Polda Malut 2 personil, Bea dan Cukai 2 personil, KKP 3 personil, KSOP Kota Ternate 2 orang,” tutupnya. (Ogan/HI)