Beranda Maluku Utara Wawali Resmikan Rumah Data

Wawali Resmikan Rumah Data

271
0
BAGIKAN

TIDORE KEPULAUAN – Rumah data Kampung Keluarga Berencana (KB) adalah pendekatan yang berbasis masyarakat dalam upaya pemberdayaan kapasitas masyarakat untuk dapat mengenal masyarakat dan bisa memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat.

Demikian sambutan Wakil Wali Kota Muhammad Sinen pada Peresmian Rumah Data Kampung KB Balibunga Kelurahan Rum Balibunga Kecmatan Tidore Utara, Minggu (3/2). Dihadiri Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Rahmawati Muhammad Sinen, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara yang diwakili Kepala Bidang Pelatihan dan Pengembangan Sedek Tuasikal, Asisten Sekda, Pimpinan SKPD, Camat Tidore Utara, Muspika Kecamatan Tidore Utara, Lurah Rum Balibunga, tokoh agama, tokoh  pemuda, tokoh perempuan, tokoh masyarakat serta warga masyarakat.

Lebih lanjut, Wakil Walikota Muhammad Sinen mengatakan bahwa Rumah Data Kependudukan merupakan sebagai model solusi strategis penanganan permasalahan atau dampak kependudukan di setiap kampung, rumah dan merupakan salah satu upaya peningkatan tata kelola data terutama ditingkat bawah kelurahan dan fesa sehingga data-data itu terintegrasi dengan sumber data lainnya.

”Pokja kampung KB Balibunga ini sudah banyak berkembang, dan hari ini saya akan meresmikan Rumah Data yang akan meng-update data penduduk yang ada di Kelurahan Rum balibunga” ujar Muhammad Sinen.

Dikesempatan yang sama Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara yang diwakili Kepala Bidang Pelatihan dan Pengembangan Sedek Tuasikal menyampaikan bahwa Pembentukan Rumah Data kampung KB Balibunga merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia agar manfaat Program KB dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat terutama yang berda diwilayah miskin, padat penduduk, tertinggal, terpencil dan wilayah nelayan di seluruh Tanah Air.

Sementara Ketua Pokja Kampung KB Balibunga Irwan Sangaji dalam laporannya mengatakan kampung KB Balibunga dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kelurahan Rum Balibunga melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas.

Diakhir acara Wakil Walikota Muhammad Sinen di dampingi Wakil Ketua TP PKK menyerahkan KIE KIT kepada ketua Kampung KB dan PPKB serta peninjauan Rumah Data, tempat pelayanan KB, Pameran kerajinan tangan UPPKS Balibunga dan tempat pembagian sembako murah dari PLTU Tidore. (Hms/SS)