Beranda Maluku Utara Pemda Morotai Siapkan Anggaran HUT Rp 600 Juta Rupiah

Pemda Morotai Siapkan Anggaran HUT Rp 600 Juta Rupiah

273
0
BAGIKAN
Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Pulau Morotai, Lauhin Goraahe.

MOROTAI – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pulau Morotai telah menyediakan anggaran HUT Morotai Ke-10 tahun yang jatuh pada tanggal 20 Maret 2019 senilai Rp 600 juta rupiah.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Pulau Morotai, Lauhin Goraahe yang juga sebagai koordinator pelaksana kegiatan HUT, saat dikonfirmasi wartawan di kantor bupati, Rabu (6/3).

”Anggaran Rp 600 juta itu sudah termasuk di dalamnya anggaran untuk mendatangkan tiga artis ibu kota, kemudian anggaran operasional kegiatan lain, dan pengadaan sound sistem. Karena setiap momen Pemda selalu menyewa sound. Bayangkan dalam satu tahun ada empat kegiatan besar yang dilakukan oleh Pemda, dan kalau kita sewa terus maka anggaran yang keluar juga besar. Untuk itu, Pemda mengambil langkah dan lakukan pengadaan, sehingga setiap momen kami tidak sibuk lagi dengan sound sistem,” terangnya.

Tidak hanya itu, Ia juga mengaku bahwa anggaran yang disediakan Pemda itu masih terbilang sangat kecil, “Karena anggaran tersebut dipakai mulai dari awal hingga akhir kegiatan, termasuk di dalamnya honor ke 3 artis itu,” akunya.

Ketika disentil terkait dengan mata lomba dalam acara HUT tersebut, dirinya mengatakan, untuk mata lomba sendiri ada berbagai macam mata lomba, salah satunya, gerak jalan, lomba dayung, tarian seni dan budaya dan beberapa mata lomba lain. Akan tetapi, kata dia, sejumlah mata lomba ini hadiahnya tidak menggunakan anggaran Rp 600 juta, tetapi akan di kembalikan ke Dinas teknis.

“Jadi kalau mata lombanya seni dan Budaya, maka hadiahnya melekat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, kemudian mata lomba dayung, hadiahnya ada di Dinas Kelautan dan Perikanan, Pada intinya disesuaikan dengan dinas teknis,” tandasnya.(Ical)