Beranda Halmahera Utara Meretas Cita Membangun Semangat Nasionalisme, TNI Ciptakan Kebersamaan dengan Warga

Meretas Cita Membangun Semangat Nasionalisme, TNI Ciptakan Kebersamaan dengan Warga

341
0
BAGIKAN
Bersama warga TNI kompak dalam TMMD di Kao Barat.

Kehangatan Keluarga Baru Terpancar Dalam TMMD

TOBELO – Semangat membangun rasa cinta tanah air dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), terus dipupuk oleh prajurit TNI, khususnya yang sementara bertugas mengawal program kemasyarakatan yakni, Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 di wilayah kecamatan Kao Barat.

Bagaimana tidak, bermodalkan semangat tersebut, para anggota TNI ini, terlibat dalam suatu kebersamaan dengan warga. Bahkan tidak tanggung-tanggung, para prajurit dalam usaha membantu memperlancar kerja, mereka memilih mencari orang tua asuh alias papa dan mama piara (sebutan untuk orang tua asuh di Maluku Utara).

Pantauan media ini, menjelang hari kesepuluh pelaksanaan TMMD, nampak tidak ada sekat yang menjadi pemisah antar semua prajurit dan warga desa setempat.

“Anggota Satgas TMMD begitu antusias berbaur dengan masyarakat setempat dengan penuh rasa kekeluargaan sehingga terjalin hubungan yang harmonis”, ungkap salah warga kepada media ini.

Keakraban ini jelas terlihat saat menikmati santap pagi, siang dan malam. Suasana nyaman menyeruak menandakan sebuah kebersamaan makin kental terbina antara warga dengan para prajurit. Hasilnya, canda dan tawa sering saja terjadi, dalam suasana kompak dalam berbagai hal.

“Warga di sini, sudah seperti keluarga sendiri. Karena, saya meyakini, bersama TNI, NKRI bisa maju tampil terdepan”, ujar salah satu prajurit .

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD 104 Letkol Kav Tri Sugiarto saat di konfirmasi mengatakan, bahwa kegiatan tersebut dilakukan guna menjalin dan membangun rasa kebersamaan antara Prajurit TNI personel Satgas TMMD dengan masyarakat sekitarnya.

Sebab itu, bagi orang nomor satu di jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 1508 Tobelo ini, dia berharap, semangat kebersamaan seperti ini, janganlah pudar sepeninggal prajurit dari TMMD. (Enold)