Beranda Maluku Utara Lanal  bersama Basarnas Ternate, Evakuasi Kapal Ikan yang Alami Mati Mesin dan...

Lanal  bersama Basarnas Ternate, Evakuasi Kapal Ikan yang Alami Mati Mesin dan Patah Kemudi

267
0
BAGIKAN
Foto : Istimewa.

TERNATE – Pangkalan TNI AL (Lanal) Ternate laksanakan bantuan pencaharian dan pertolongan Kapal KM Lestari yang mengalami mati mesin dan patah kemudi, di perairan Pulau Makeang Halmahera Selatan (Halsel) Minggu (10/03).

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Ternate Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto kepada wartawan mengatakan, Pangkalan TNI AL Ternate mengirim dua personel membantu Kantor SAR Ternate melaksanakan pencarian dan pertolongan kapal ikan, yang mengalami kendala mati mesin dan patah kemudi di perairan pulau Makeang Halmahera Selatan.

“Kapal ikan KM Lestari yang mengalami musibah mati mesin dan patah kemudi bertolak dari Pelabuhan Perikanan Bastiong tujuan perairan Bacan pada hari Minggu tanggal 10 Maret 2019 pukul 14.00 WIT dengan tujuan memancing,” jelasnya.

Whisnu menuturkan, kejadian mati mesin dan patah kemudi kapal ikan KM. Lestari di terima Kantor SAR Ternate pada pukul 19.30 Wit yang sampaikan oleh bapak Sahriman Seh dari BPBD Provinsi Malut.

“Kapal ikan yang bertonage 42 GT yang diawaki oleh 26 orang penumpang yang on board dengan membawa muatan es batu, bermaksud memancing ikan di perairan pulau Bacan namun dalam perjalanan di perairan sekitar pulau Makeang tepat pukul 19.00 Wit.

“Cuaca buruk dan angin kencang menghantam kapal sehingga kapal mengalami mati mesin dan patah kemudi pada posisi koordinat 00°15’33.71″ U – 127°20’31.48″ T,” tuturnya.

Whisnu menambahkan, pada pukul 21.45 WIT, Tim SAR gabungan berangkat melaksanakan pencarian dan pertolongan serta evakuasi dengan menggunakan KN. SAR 237 Pandu Dewanata dengan personel SAR yang on board.

“Lanal Ternate 2 Personel atas nama Serka Marinir Agung P dan KLK Bah Angga, Kantor SAR Ternate, Polairud Polda Malut 1 Personel atas nama Aiptu Rianto, Mapala Stikip Ternate atas nama Abdul Anu Lohor, Mapala IAIN atas nama Alfis,” cetusnya.

Lebih lanjut Dan Lanal mengatakan bahwa pada pukul 23.30 WIT, Tim SAR gabungan berhasil menemukan posisi Kapal KM. Lestari dan dilaksanakan evakuasi dengan cara kapal ikan tersebut di tarik oleh Kapal KN.P 358 KPLP Ternate menuju pelabuhan Ternate.

“Tiba di perairan pelabuhan Ternate pada hari Senin Tanggal 11 Maret 2019 pukul 07.00 WIT, dengan awak kapal selamat,” tutupnya. (Ogan)