Beranda Maluku Utara Wabup Morotai Resmi Membuka Kegiatan STQ ke V Tingkat Kabupaten

Wabup Morotai Resmi Membuka Kegiatan STQ ke V Tingkat Kabupaten

244
0
BAGIKAN

MOROTAI – Wakil Bupati (Wabup) Morotai, Hi. Asrun Padoma, Senin (11/3) malam bertempat di taman Kota Daruba, dengan resmi membuka kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-V tingkat Kabupaten Pulau Morotai.

STQ ke-V Morotai diikuti 5 kafilah mewakili lima kecamatan di Kabupaten Pulau Morotai. Total personil kafilah berjumlah 100 orang, terdiri dari peserta didampingi pelatih.

STQ ini digagas dengan tema, ”Melalui STQ Ke V tingkat kabupaten Pulau Morotai tahun 2019 kita wujudkan masyarakat yang gemar membaca dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an menuju Morotai Bangkit”.

Wabup Pulau Morotai, Hi. Asrun Padoma, saat membuka acara menyatakan kegembiraannya, STQ hadir kembali di tengah-tengah masyarakat Morotai. Dan kegiatan Musabaqah dalam bidang tilawah, tafsir, tahfiz, dan bidang kaligrafi, qosidah sebagai lomba tambahan kini sudah tidak asing lagi bagi umat Islam di Kabupaten Pulau Morotai. Penyelenggaraan musabaqah tentu tidak hanya sekedar bermakna sebagai peneguhan syiar Islam, tetapi lebih jauh diharapkan menjadi parameter untuk mengukur hasil atau outcome kegiatan pembelajaran Al-Qur’an yang berlangsung di masyarakat,” ujar Wabup.

Asrun pun berharap melalui TPQ dan Madrasah Kabupaten Pulau Morotai, ”STQ yang diselenggarakan ini juga dapat dijadikan sebagai parameter sekaligus barometer untuk mengetahui berhasil atau tidaknya pendidikan agama dan keagamaan yang telah dilaksanakan selama ini. Oleh karena itu, kegiatan STQ dimaksudkan untuk menjadikan generasi muda morotai yang cinta Al-Qur’an untuk mewujudkan pembangunan Pulau Morotai,” ungkap Wabup.

Sementara Ketua panitia, Plt. Kabag Kesra, Sahril S. Totona, dalam sambutannya menjelaskan, ”Kegiatan STQ ini akan berlangsung sampai dengan tanggal 14 Maret 2019. Cabang-cabang yang akan diperlombakan sebanyak 24 cabang yaitu, cabang Tilawah Al-Qur’an terdiri dari golongan dewasa putra dan putri, golongan anak-anak putra dan putri. Cabang llifzhil Al-Qur’an terdiri dari golongan 1 juz dan tilawah putra dan putri, golongan 3 juz dan tilawah putra dan putri, golongun 10 juz putra dan putri, golongan 20 juz putra dan putri, golongan 30 juz putra dan putri,” terang Kabag. (Ical)