Beranda Maluku Utara Gedung Poliklinik Diresmikan, Sekaligus dengan Kegiatan Baksos Kesehatan Gratis

Gedung Poliklinik Diresmikan, Sekaligus dengan Kegiatan Baksos Kesehatan Gratis

300
0
BAGIKAN

MOROTAI – Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, maka Selasa (12/3) bertempat di Mapolres Morotai telah diresmikan Gedung Poliklinik Polres Pulau Morotai dan Bakti Sosial (Baksos) Kesehatan Gratis.

Peresmian gedung poliklinik, dilakukan dengan penandatanganan prasasti oleh Kabid Dokkes AKBP. dr. Maringgan Simanjuntak, M.Mars. Polda Malut, sekaligus dilanjutkan dengan pemotongan pita bertanda telah diresmikan gedung poliklinik Polres Morotai, yang dilakukan oleh Sekda Pulau Morotai, Muhammad M. Kharie.

Dengan diresmikan kantor pelayanan poliklinik, mulai hari ini sudah bisa melayani masyarakat. Kemudian juga menerima dan melayanani dari umum.

Kabid Dokkes AKBP. dr. Maringgan Simanjuntak, M.Mars. Polda Malut, yang didampingi Kapolres Pulau Morotai AKBP Mikael P. Sitanggang, saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, ”Pembangunan gedung poliklinik ini bagian dari upaya bapak Kapolda Malut yang terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Dan harapannya kedepan poliklinik ini bisa menjadi ujung tombak pelayanan untuk Polri dan masyarakat. Poliklinik ini dibuat untuk melayani keluarga Polri dan masyarakat secara gratis,” jelasnya.

Untuk tenaga ahlinya, lanjut dia, ada yang didatangkan langsung dari Polda, kemudian dari Dinkes dan RSUD Morotai. Karena kita juga sudah kerja sama dengan Dinkes dan RSUD.

”Tapi untuk fasilitasnya semua dari Polda, seperti ambulance, alat kesehatan semuanya baru dan dianggarkan oleh Polda. Hanya saja obat-obatan itu dari Pemda Morotai (Dinkes), kita hanya siapkan tempatnya,” terangnya.

Ia juga menambahkan, ”Kedepan ada penambahan tenaga kesehatan langsung dari Polri untuk semua poliklinik di kabupaten/kota yang akan dibangun. Pasalnya, saat ini SDM kita, ada sekitar 20 orang SPN Polri yang baru lulus kemarin bakal dilanjutkan sekolah Akper oleh Gubernur Malut, dan setelah tamat kita distribusikan ke polres-polres,” tambahnya.

Dan sebagai langkah awal diresmikannya gedung poliklinik Polres Morotai ini, selama dua hari kedepan akan dilaksanakan Baksos Kesehatan.

”Jadi kegiatannya mulai hari ini sampai besok dengan dibuka beberapa kegiatan, seperti sunatan masal gratis, pengobatan gratis dan donor dara di Polres Morotai.
Selama dua hari ini sunatan gratis untuk anak-anak kami target sampai 200 orang, karena hari ini sudah 100 orang. Sementara untuk donor dara 150 orang, mulai dari angkat darat, laut dan udara. Kegiatan ini bukan sampai di sini saja, karena setiap sholat Jumat nanti ada pengumuman dari pihak kepolisian bahwa, ada pengobatan gratis di Polres Morotai,” ujarnya.

Ditanya sudah berapa gedung poliklinik ini dibangun di kabupaten, kota yang ada di Malut, kata dia, saat ini baru dua poliklinik. ”Baru bulan lalu kita meresmikan rumah sakit bayangkara di Ternate, dan dua bulan lalu juga pengresmian gedung poliklinik di kabupaten Halsel. Jadi di Malut baru dua yaitu Morotai dan Halsel. Berikutnya kita akan bangun di Halbar dan Ternate,” tuntasnya.

Diketahui bahwa, dalam acara tersebut dihadiri oleh Kapolda Malut yang diwakili oleh Kapolres Pulau Morotai, AKBP. Mikael P. Sitanggang, S.IK, M.H, Sekda Pulau Morotai, Muhammad M. Kharie, Danramil Daruba 1508-05/Daruba, Mayor Inf Mulhaman, mewakili Danlanal Morotai, Letda Laut (K) dr Galih Januar Aditya, Kapolsek Morsel AKP. Jhon Solemede, para Perwira staf Polres Morotai, mewakili Kadinkes Jailani, personil Koramil 1508-05/Daruba, dan personil Polres Pulau Morotai. (Ical)