Beranda Maluku Utara Kapolda Malut Ingatkan KPU Siapkan Penampungan Logistik

Kapolda Malut Ingatkan KPU Siapkan Penampungan Logistik

244
0
BAGIKAN
Kapolda Malut, Brigjen Pol Drs Suroto saat diwawancarai pewarta usai Vicon (Rabu 20/03/19).

TERNATE – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Utara, Brigjen Pol. Suroto, mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara, agar menyiapkan tempat penampungan logistik pemilihan umum (Pemilu) serentak Pilpres dan Pileg 17 April 2019 mendatang.

Ketegasan ini disampaikan Suroto usai mengikuti video conference (Vicon) dengan Kapolri Tito Karnavian, Rabu (20/03/2019) menurutnya. Inti dari Vicon ini ditegaskan soal kesiapan penyelenggara maupun pengamanan. Terutama ditekankan masalah pendistribusian logistik Pemilu di seluruh kabupaten kota, baik kotak suara, kertas suara hingga logistik lainnya.

“Tadi saya sudah ingatkan KPU, agar menyiapkan tempat penampungan logistik hingga pada saat distribusi ke seluruh kabupaten kota, tidak menimbulkan masalah,” tegas Suroto. Sembari mengakui saat ini logistik Pemilu sudah dalam perjalanan dari Makassar kemungkinan Sabtu sudah tiba di Ternate.

Dikatakan terkait dengan pengamanan kampanye terbuka yang dijadwalkan 24 Maret hingga13 April mendatang, Kapolda mengakui, pengamanan personil untuk pengamanan kampanye terbuka hingga pada saat pencoblosan Polda Malut menerjunkan 3.900  personil dan di back-up 400 personil dari TNI.

“Untuk kesiapan personil sudah disiapkan. Sehingga diharapkan pengamanan dipastikan akan berlangsung ketat,” cetusnya.

Disentil terkait dengan indeks kerawanan Pemilu khususnya di Provinsi Malut, Kapolda menegaskan, untuk kerawanan pemilu semuanya dikembalikan ke KPU. Artinya dituntut transparansi penyelenggara sehingga pesta demokrasi berjalan aman dan sejuk.

“Intinya penyelenggara harus netral sehingga Pemilu serentak berjalan aman dan sejuk,” tandasnya. (Ogan)