Beranda Maluku Utara Peserta Pemilu dan Warga Dihimbau Bersabar Tunggu Hasil Pemilu

Peserta Pemilu dan Warga Dihimbau Bersabar Tunggu Hasil Pemilu

173
0
BAGIKAN
Dr Fahrul Abd Muid MA, Kordiv Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Maluku Utara.

TERNATE – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara (Malut) menghimbau agar peserta pemilu dan warga masyarakat tetap bersabar dalam menunggu hasil pemilu 17 April 2019, yang saat ini sedang memasuki tahapan rekapitulasi di tingkat kecamatan.

“Percayakan pada penyelenggara untuk bekerja secara mandiri, jujur dan profesional. Saat ini, sedang dilakukan tahapan rekapitulasi secara berjenjang. Jangan saling klaim apalagi sampai mengganggu proses tahapan yang sedang berlangsung,” kata anggota Bawaslu Malut, Dr Fahrul Abd Muid MA, di kantor Bawaslu Malut, Sabtu (20/4/2019) siang.

Bawaslu, kata Fahru yang juga Kordiv Hukum, Data dan Informasi itu, sudah menginstruksikan pada seluruh jajaran untuk mengawal hasil pemilu yang sudah dilaksanakan pada 17 April lalu.

“Insya Allah, hak konstitusional warga yang sudah datang mencoblos, akan dikawal hasilnya,” tutur Fahrul.

Untuk itu, dirinya berharap warga terutama peserta pemilu yakni Parpol dan Calegnya serta calon DPD, untuk tetap bersabar menunggu hasil pemilu yang sedang direkapitulasi itu. “Menahan diri dan tidak melakukan tindakan yang melawan hukum dan inskonstitusional itu lebih baik,” pintanya.

Fahrul sendiri mengatakan, Bawaslu siap memproses setiap pelanggaran yang terjadi, baik temuan maupun laporan dari masyarakat.

“Selain itu, jika ada yang merasa keberatan terhadap hasil Pemilu, dapat menggunakan saluran yang disediakan konstitusi dalam penyelesaiannya,” pungkasnya. (HI)