Beranda Halmahera Selatan Jelang Ramadan , Harga Ikan di Pasar Tradisional Naik

Jelang Ramadan , Harga Ikan di Pasar Tradisional Naik

492
0
BAGIKAN
Suasana pasar ikan di Halmahera Selatan Maluku Utara.

LABUHA – Menjelang bulan suci ramadan 1440 Hijriyah, harga ikan di sejumlah pasar tradisional yang ada di Kota Bacan kini merangkak naik. Naiknya harga ikan ini diperkirakan karena tingginya permintaan jelang bulan ramadan.

Hal tersebut terlihat di Pasar Tembal Kecamatan Bacan Selatan. Beberapa jenis ikan seperti ikan ekor kuning, ikan teri, dan ikan cakalang mengalami kenaikan harga.

Untuk ekor kuning yang sebelumnya berkisar 20 ribu rupiah perkilonya, kini naik menjadi 40 ribu rupiah perkilo. Ikan teri yang sebelumnya 15 ribu perkilo, kini naik menjadi 20 ribu perkilonya. Sementara ikan cakalang yang sebelumnya berkisar 50 ribu perkilo kini naik dua kali lipat dari harga biasanya, yakni 100 ribu rupiah perkilonya.

Menurut para pedagang, naiknya harga ikan ini disebabkan karena tingginya permintaan ikan menjelang bulan suci ramadan.

“Selain karena menjelang bulan puasa, harga ikan ini naik karena ombak di laut juga besar, jadi nelayan susah untuk melaut, nelayan pun susah dapat banyak ikan, pasokan cuman sedikit, jadi mahal kita beli juga,” ungkap Amir, salah satu pedagang ikan di Pasar Tembal.

Diperkirakan kenaikan harga ikan ini akan berlangsung hingga 1 minggu bulan suci ramadan, dan akan naik kembali jelang lebaran idul fitri 1440 Hijriyah.

“Tahun-tahun kemarin begitu juga, kalau dia sudah satu minggu masuk puasa sudah mulai normal, nanti mau masuk lebaran naik lagi,” ujar Irfan pedagang ikan lainnya. (Raffa)