Beranda Hukrim Pungli di Pelabuhan Sofifi Naik Tahap Penyidikan

Pungli di Pelabuhan Sofifi Naik Tahap Penyidikan

1523
0
BAGIKAN
ketua Saber Pungli Kota Tidore Kepulauan Kompol Anita Ratna Yulianto, SIK.

TIDORE KEPULAUAN – Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) akhirnya menaikkan status pungutan liar di pelabuhan Speedboat Sofifi, Kecamatan Oba Utara ke tahap penyidikan.

Hal tersebut disampaikan ketua Saber Pungli Kota Tidore Kepulauan Kompol Anita Ratna Yulianto, SIK kepada awak media di kantor Inspektorat Kota Tikep, Selasa (18/06/2019) usai memimpin rapat gelar perkara pungli tersebut.

“Gelar hari ini kita akan tingkatkan status dari lidik ke penyidikan untuk perkara pungli yang melibatkan pihak otoritas pelabuhan Sofifi,” kata Waka Polres Tidore.

Dikatakan, pihaknya menaikan status pungli dari penyelidikan ke penyidikan setelah terkumpul alat-alat bukti oleh penyidik Polres Tidore Kepulauan. Dimana hasilnya memang terbukti, bahwa adanya pungli di pelabuhan penyeberangan Sofifi yang melibatkan otoritas pelabuhan tersebut.

“Dan untuk masalah efek jera saya kira belum ada efek jera, dikarenakan sampai saat ini masih berlangsung kegiatan pungli di pelabuhan penyeberangan Sofifi,” ujar Anita.

Dijelaskan bahwa setelah gelar perkara yang dilaksanakan ini, nanti pihaknya akan mengundang sejumlah instansi terkait untuk melakukan rapat koordinasi tentang persamaan persepsi mengenai tarif.

“Nanti beberapa hari kemudian dari pihak kami juga akan mengundang instansi terkait seperti Dinas Perhubungan, Syahbandar, dan Koperasi, untuk melaksanakan rapat koordinasi tentang persamaan persepsi mengenai tarif,” tuturnya.

Sementara untuk laporan dugaan pungli antara koperasi dan juragan speedboat bakal dipelajari lagi lewat rapat koordinasi berikut. “Di Saber Pungli ini kan ada dua permasalahan yang dilaporkan, yang saat ini naik adalah pungli yang melibatkan Syahbandar, LPnya naik ke penyidikan. Dan untuk yang berikutnya lagi, tadi saya sudah sampaikan kepada rekan-rekan di Inspektorat membuat surat undangan untuk melaksanakan rapat koordinasi,” pungkasnya.

Untuk di ketahui, rapat gelar perkara Pungli itu dihadiri Wakil Ketua I Saber Pungli Kota Tidore, Kasi Intel Kajari, Safri Abd Muin, Kasat Reskrim Polres Tikep IPTU Gastimur Wanto, Kasat Sabhara Polres Tikep AKP Aris AB, KBO Reskrim Polres Tikep IPDA Selda Audina,S.Tr.K, pihak Inspektorat Kota Tidore Kepulauan, KBO Intelkam Polres Tikep IPDA Ali Rahman M, dan Seluruh Perangkat Anggota Saber Pungli. (SS)