Beranda Maluku Utara Kodim 1505/Tidore Sebagai Tuan Rumah Perkemahan Saka Wira Kartika tingkat Korem 152/Babullah

Kodim 1505/Tidore Sebagai Tuan Rumah Perkemahan Saka Wira Kartika tingkat Korem 152/Babullah

453
0
BAGIKAN
Perkemahan Saka Wira Kartika

TIDORE KEPULAUAN – Komando Distrik Militer (Kodim) 1505/Tidore sebagai tuan rumah perkemahan Bhakti Saka Wira Kartika Tingkat Korem 152/Babullah tahun 2019.

Perkemahan yang berlangsung di Kompi Senapan D Raider 732, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan dari tanggal 13 Juli – 16 Juli 2019 itu mengangkat tema TNI AD melalui perkemahan generasi muda bangsa yang berkarya dan berwawasan serta berjiwa ksatria guna menumbuhkan rasa cinta tanah air demi menjaga keutuhan negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dandim 1505/Tidore Letkol Yayat Priatna Prihatina yang juga merupakan ketua panitia kegiatan, mengatakan bahwa, kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan, dan metode kepramukaan yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur.

Disamping itu, kata Dandim, kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Olehnya itu, Dandim meminta kepada para pembina dan pelatih agar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan tupoksi dan bidang masing-masing, utamakan faktor keamanan dalam setiap kegiatan serta secara aktif melakukan kontrol dan pengecekan baik personel maupun materiil.

“Kepada adik-adik peserta sekalian saya berpesan agar melaksanakan kemah Bhakti ini dengan penuh sukacita, serap dan pelajari setiap materi yang diberikan serta apabila ada yang merasa sakit ataupun menemukan kesulltan agar segera melaporkan kepada kakak pembina maupun guru pendamping,” kata Dandim.

Dandim juga mengatakan bahwa pada saatnya nanti setelah selesai kegiatan kemah Bhakti ini, pengetahuan dan keterampilan yang didapat agar ditularkan kepada rekan-rekan, adik-adik semua yang ada di daerah masing masing.

“Mari kita bersama-sama berdoa agar pelaksanaan kemah Bhakti ini dapat berjalan dengan aman dan lancar,” tutur Dandim.

Sementara itu, upacara pembukaan perkemahan Bhakti Saka Wira Kartika tingkat Korem 152/Babullah tahun 2019 pada Sabtu, 13 Juli 2019 sekira pukul 09.25 WIT itu dihadiri Gubernur Malut yang diwakili staf ahli, Ansar Ali, Kapolda Malut. Brigjen Pol Drs. Suroto Msi, Danrem 152/Babullah Kolonel Inf. Endro Saroto S.I.P, M.M, Danyon 732/Banau Mayor Inf. Ruly Eko Suryawan S. Sos, para Dandim dan perwira jajaran Korem 152/Babullah, Kapolsek Oba Utara Iptu A. Madiong, anggota Kodim 1505/Tidore, dan diikuti pengurus Kwarcab Pramuka dan peserta Pramuka dari masing kabupaten/kota se-Malut kurang lebih 1000 orang.

Sementara untuk agenda kegiatan, di hari pertama Pembukaan, jumpa tokoh, dan kegiatan malam nobar film perjuangan. Hari kedua, materi wawasan kebangsaan (wasbang), balatkom, bahaya narkoba dan materi 5 krida dan malam hari dilanjutkan lomba pentas seni. Agenda ketiga, kegiatan lomba PBB dan yel-yel serta api unggun. Dan dihari keempat, melaksanakan Karya Bhakti dan acara penutupan pada hari Selasa tanggal 16 Juli 2019.

Sedangkan materi Kridanya meliputi, Survival atau bertahan hidup (pasang berak, perangkat jerat pengikat, cara membuat api dan tumbuhan yang bisa di makan). Mountaineering atau teknik mendaki gunung berupa jembatan tali dua dan rayapan tali dua. Kemudian diajarkan Navrat berupa Kompas siang, dan Guben atau cara menolong orang patah kaki. (SS)