Beranda Halmahera Selatan Keterbatasan Alat, Tim Medis Lakukan Operasi di Lokasi Pengungsian

Keterbatasan Alat, Tim Medis Lakukan Operasi di Lokasi Pengungsian

233
0
BAGIKAN
Keterbatasan alat, Tim Medis lakukan tindakan operasi terhadap salah satu korban gempa.

LABUHA – Tim gabungan, Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), melakukan aksi cepat di lokasi gempa, berupa penanganan operasi ke sejumlah masyarakat yang tertimpa bangunan akibat gempa bermagnitudo 7.2 pada Minggu, 14 Juli 2019 kemarin.

Rahmat, salah satu perawat Dinas Kesehatan Halsel dan tim gabungan medis telah tiba pada Senin, (15/7/19). Sampai di lokasi, kata Rahmat, tim segera melakukan survei pasien-pasien yang memerlukan operasi serta kamar operasi yang bisa dipakai.

“Kondisi kamar operasi memprihatinkan terutama karena masalah listrik, dan bahan bakar, jadi kami mencoba melakukan seadanya tanpa mengurangi prosedur lainnya, dengan menggunakan genset seadanya,” katanya saat ditemui di lokasi pengungsian.

Dikatakannya, operasi harus dilakukan sesegera mungkin. Jika tidak, maka pasien akan mengalami sepsis atau peradangan di seluruh tubuh, akibat infeksi bakteri dan syok hipovolemik atau kondisi darurat jantung tidak mampu memasok darah yang cukup ke seluruh tubuh. Dimana, kata dia, kedua kondisi ini dapat berujung pada kematian.

“Hari pertama kami berhasil mengoperasi pasien dengan alat seadanya dan monitor anastesi,” ungkapnya.

Pasien yang dirawat, kata Rahmat, mengalami fraktur terbuka, dislokasi, perlu debriment atau tindakan membuang jaringan mati, amputasi dan external fixasi atau mengatasi patah tulang dengan memasukkan pin ke dalam jaringan kulit, jaringan lunak dan tulang yang dihubungkan dengan rigid external frame. Selain patah tulang, ada pula pasien yang akan melahirkan. (RR/SS)