Beranda Halmahera Selatan Medis Dinkes Minta Anak dan Lansia Diberikan Suplemen

Medis Dinkes Minta Anak dan Lansia Diberikan Suplemen

212
0
BAGIKAN
Petugas medis sedang melakukan pengobatan di lokasi pengungsian Desa Gane Dalam Kecamatan Gane Barat Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan.

LABUHA – Koordinator TIM medis Dinas Kesehatan Halmahera Selatan (Halsel), Rahmat Amd. Kep, meminta agar pengungsi gempa bumi di Halsel khususnya anak-anak dan lansia, diberikan suplemen yang berisi multivitamin dan mineral. Pemberian suplemen itu dikarenakan keterbatasan gizi lengkap.

“Hal ini karena keterbatasan makanan dan minuman dengan zat gizi yang lengkap yang bisa dikonsumsi sehari-hari, sehingga anak-anak dan orang tua perlu mendapatkan suplemen tambahan,” ujar Rahmat saat ditemui di lokasi gempa, Desa Gane Dalam Kecamatan Gane Barat Selatan.

Rahmat meminta agar para pengungsi harus mendapat makanan dan minuman yang cukup selama berada di tempat pengungsian. Hal itu juga membuat mereka tenang karena kebutuhan hidup dasarnya dipenuhi. Ditambah lagi, pengadaan sembako pada lokasi pengungsian dengan jumlah besar harus dikawal oleh TNI.

“Dapur-dapur umum yang tersedia selalu mendapat bahan makanan dan air bersih yang memadai untuk masak dan minum. Selain itu, usahakan makanan yang dikonsumsi dalam keadaan segar,” pungkasnya.

Rahmat juga meminta agar kondisi tempat pengungsian di buat senyaman mungkin. Adanya alas tidur yang memadai dan juga selimut agar tubuh para pengungsi terutama orang tua dan anak-anak tetap terlindungi terutama dari angin malam.

“Kebersihan lingkungan pengungsian selalu terjaga dengan tersedianya tempat-tempat sampah di sekitar lokasi pengungsian,” tutur dia.

Sebagian besar korban luka mengalami trauma tumpul dan tajam jaringan lunak ekstremitas, punggung, perut, dada, dan kepala. (RR)