Beranda Maluku Utara Bimtek Penatausahaan Keuangan dan BMD, Aliong Mus Ingatkan Rubah Paradigma Bendahara

Bimtek Penatausahaan Keuangan dan BMD, Aliong Mus Ingatkan Rubah Paradigma Bendahara

313
0
BAGIKAN
Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penatausahaan Keuangan dan Barang Milik Daerah (BMD) Tahun 2019 yang bertempat di Oasis Amir Hotel, Jakarta Pusat, Rabu (31/7).

TALIABU – Bupati Pulau Taliabu H. Aliong Mus, secara resmi membuka Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penatausahaan Keuangan dan Barang Milik Daerah (BMD) Tahun 2019 yang bertempat di Oasis Amir Hotel, Jakarta Pusat, Rabu (31/7).

Dalam sambutannya, Bupati mengingatkan bahwa pengelolaan keuangan bagi pemerintah daerah sangat penting dan konsekuensi logis dari perimbangan Keuangan antara Pusat dan Daerah. Hingga itu, pengelolaan keuangan daerah harus berpegang pada prinsip-prinsip pengelolaan keuangan daerah yang baik sebagaimana ketentuan perundang-undangan yang berlaku agar berjalan secara efektif dan efisien.

“Sehingga selesai kegiatan ini bisa diimplementasikan dalam pengelolaan keuangan daerah,” kata Bupati.

Selain itu, dirinya mengingatkan bahwa pengelolaan keuangan merupakan nadi dari pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah daerah, jika pengelolaan baik maka akan baik pula hasilnya namun jika tidak maka sebaliknya hasilnya pula akan buruk. Oleh karena itu pentingnya pengelolaan keuangan yang baik. Maka dengan kegiatan ini akan memberikan pengetahuan serta perubahan sikap dan perilaku aparatur.

”Harus ada perubahan paradigma, Bendahara saat ini memiliki posisi strategis dalam penatausahaan keuangan dan barang milik daerah, terutama dalam upaya meminimalisir kesalahan dalam pengelolaannya” tambahnya.

Dengan terus dilakukan bimtek, maka pemkab Pulau Taliabu tentunya akan melakukan perubahan melalui penerapan e-planning dan e-budgeting.

“Disamping itu bimtek ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan di masing masing SKPD yang pada akhirmya tuntutan akan akuntabilitas keuangan daerah akan terwujud,” tuturnya lagi.

Akuntabilitas itu syaratnya untuk memperoleh hasil pemeriksaan BPK terkait dengan pengelolaan keuangan dan BMD. ”Tertib Administrasi, para Bendahara Pengeluaran dan Pengurus Barang dapat mewujudkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, hingga meningkatkan opini pemeriksaan BPK naik dari WDP menjadi WTP pada pemeriksaan keuangan tahun 2019,” tutupnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Ramli, Sekda Pulau Taliabu DR. Salim Ganiru, Kepala Bapeda Hi. Syamsuddin Ode Maniwi dan para pimpinan OPD yang berada dilingkungan Pemkab Pulau Taliabu dan rencana kegiatan akan berlangsung selama tiga hari yang terhitung Rabu (31/7) sampai Jumat (2/8). (Rls/HH)