Beranda Maluku Utara BI Cabang Malut Launching QRIS

BI Cabang Malut Launching QRIS

656
0
Kepala Perwakilan BI Wilayah Malut, Gatot Miftahul Manan.

TERNATE – Bank Indonesia (BI) perwakilan Maluku Utara (Malut) memperkenalkan aplikasi terbaru QR Code Indonesia Standard (QRIS) yang dipusatkan di Aula Maitara BI, Senin (19/8).

QRIS merupakan standar QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran  Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi sistem pembayaran Indonesia (ASPI).

Kepala Perwakilan BI Wilayah Malut, Gatot Miftahul Manan menyampaikan QRIS sebelumnya sudah di launching secara internal Bank Indonesia pada 17 Agustus 2019.

“BI mendukung pembayaran menggunakan QR Code. Pasalnya inovasi teknologi berkembang cukup pesat pada berbagai aspek ekonomi digital, termasuk sektor pembayaran,” jelasnya.

Gatot menuturkan untuk mewujudkan visi sistem pembayaran Indonesia 2025, diperlukan dukungan inovasi bagi pengembangan ekonomi dan keuangan digital.

“Salah satu inovasi yang berkembang dan mulai banyak digunakan adalah layanan pembayaran digital berbasis QR Code,” ujarnya.

Menurutnya dengan QR Code, BI melihat manfaat cara pembayaran tersebut, untuk mendorong efisiensi perekonomian, mempercepat keuangan inklusif dan memajukan UMKM.

“Dengan satu QR Code, penyedian barang dan jasa (Merchant) tidak perlu memiliki berbagai jenis QR Code dari berbagai penerbit,” tutupnya. (Ogn)