Beranda Maluku Utara Pemkot Tidore Usulkan Sultan Zainal Abidin Syah sebagai Pahlawan Nasional

Pemkot Tidore Usulkan Sultan Zainal Abidin Syah sebagai Pahlawan Nasional

837
0

TIDORE KEPULAUAN – Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Asrul Sani Soleiman memimpin rapat membahas tentang Pengusulan Sultan Zainal Abidin Syah seorang Tokoh Tidore Sebagai Pahlawan Nasional yang bertempat di ruang rapat Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Rabu (21/8). Turut Hadir Tim Ahli Universitas Khairun Ternate sekalis sebagai Yayasan The Tebings dan OPD terkait.

Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Asrul Sani Soleiman dalam arahannya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih karena tim sudah menyampaikan format dan Pemerintah Daerah Kota Tidore akan mempersiapkan secara keseluruhan dan kebijaksanaan dokumen-dokumen sehingga nanti akan menjadi suatu diskusi bersama.

Asrul Sani Soleiman juga menegaskan kepada tim dari Pemerintah Daerah akan berkolaborasi dengan yayasan bahwa dokumen apa saja yang akan dibuat atau disiapkan sehingga dalam kurun waktu dekat ini juga Pemerintah Daerah akan meminta dukungan langsung dan  mengunjungi Papua dan tempat lainnya yang merupakan persinggahan Sultan Zainal Abidin Syah pada waktu itu sehingga menjadi dokumen penting.

Sementara, Walikota Tidore Kepulauan Capt, H Ali Ibrahim di ruang kerjanya mengatakan bahwa sangat serius mendukung seorang Tokoh Tidore Sultan Zainal Abidin Syah sebagai Pahlawan Nasional.

Selain itu, Perwakilan Tim Yayasan The Tebings, M Ridha Ajam mengatakan bahwa pada tahun ini yayasan sudah membicarakan bahwa ada 3 tokoh salah satunya Sultan Zainal Abidin Syah dilihat dari sisi biografi dan dokumen, Sultan Zainal Abidin Syah memiliki persyaratan tersebut. Juga karena Sultan Zainal Abidin Syah merupakan tokoh Tidore yang sangat luar biasa.

“Dari wacana itu kemudian dari tim mengusulkan ke Dinas Sosial atau Pemerintah Daerah Kota Tidore bahwa tokoh ini pantas untuk dijadikan pahlawanan Nasional,” tutup M Ridha Ajam. (Hms/SS)