Beranda Maluku Utara Jamaah Haji Pulau Taliabu Tiba di Bobong

Jamaah Haji Pulau Taliabu Tiba di Bobong

402
0
BAGIKAN
Jamaah haji asal Kabupaten Pulau Taliabu tiba di Taliabu.

BOBONG – Sebanyak 65 orang jamaah haji Pulau Taliabu, Maluku Utara tiba di Bobong, Kecamatan Taliabu Utara, siang tadi Selasa (27/8) dengan menggunakan kapal Theodora.

Kedatangan jamaah haji disambut oleh keluarga dan juga pemerintah daerah Pulau Taliabu.

Wakil Bupati Pulau Taliabu Ramli, mewakili Bupati H. Aliong Mus menyambut kepulangan 65 orang rombongan haji asal Kabupaten Pulau Taliabu, yang menggunakan perhubungan laut.

Warga dari delapan Kecamatan di Kabupaten Pulau Taliabu, memadati pelabuhan Bobong sampai di halaman gedung Hemungsia Sia Dufu.

Kedatangan jamaah haji Pulau Taliabu itu diwarnai isak tangis haru dari keluarga rombongan haji yang ikut menyambut. Sejak pagi para sanak keluarga telah menanti kedatangan para jamaah haji itu. Kendati yang baru tiba baru berjumlah 61 orang, karena dua masih dalam perawatan di RS embarkasi Makassar dan dua jamaah juga masih menyelesaikan urusan di makassar. Namun, keempat jamaah haji ini masih terus di Pantau oleh Pemkab Pulau Taliabu dan pihak Kemenag Pulau Taliabu.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menyampaikan syukur atas kepulangan rombongan haji asal Kabupaten Pulau Taliabu ke tanah air. Apalagi semua jamaah haji asal Pulau Taliabu, kembali dalam keadaan sehat, kendati ada sejumlah jamaah haji yang dirawat akibat perubahan cuaca dan faktor usia. “Saya bersyukur rombongan haji dari Pulau Taliabu telah melalui masa-masa yang sulit selama menjalankan ibadah haji,” ujar Wabup dalam sambutannya.

Kepada haji dan hajjah yang kembali ke Pulau Taliabu, Pemkab berharap dapat menjadi panutan dan teladan di tengah masyarakat dan keluarga sekaligus mitra pemerintah daerah dalam pembinaan keagamaan.
”Semoga menjadi haji dan hajjah yang mabrur dan menjadi panutan atas peningkatan ketaqwaan di wilayah masing-masing, setelah kembali ke tanah air,” akunya.

Dalam sambutan penutup, dirinya mengucapkan selamat datang kepada jamaah haji dan selamat berkumpul kembali dengan keluarga. “Dalam pelaksanaan ibadah Haji membutuhkan fisik yang prima dan keteguhan iman, dimana selama perjalanan baik pada waktu berangkat, pelaksanaan ibadah Haji dan kepulangan sangat menguras tenaga,” cetus Wabub.

“Kepada para jamaah yang baru kembali dari tanah suci Makkah agar dapat meningkatkan ketaqwaan dan kesholehan, serta menjadi teladan bagi masyarakat di lingkungan sekitar dan bisa memberikan nilai positif dalam rangka pembangunan di Kabupaten terutama pembangunan mental dan spritual masyarakat kita,” tandas Wabub.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pulau Taliabu, Drs. H. La Sengka La Dadu M.Pd, mengatakan, dalam proses kepulangan jamaah haji secara umum tidak ada permasalahan meski ada keterlambatan waktu, namun semuanya berjalan baik. “Secara umum proses kepulangan jamaah haji berjalan dengan baik,” katanya.

Dirinya juga juga mengucapkan selamat datang kepada para jamaah haji dan menyampaikan bahwa ibadah haji merupakan dambaan setiap muslim, karena kesempurnaan sebagai seorang muslim dapat dirasakan setelah menunaikan ibadah haji.

Setiap orang yang menunaikan ibadah haji berharap menjadi haji yang mabrur, tentu saja untuk meraih haji yang mabrur tidaklah ringan tantangan dan ujian yang harus di hadapi, maka sesampainya di tanah air harus mampu membumikan keshalehan yang di lakukan di tanah suci. “Mudah-mudahan seluruh jamaah haji Kabupaten Pulau Taliabu menjadi haji yang mabrur dan semakin meningkat kataqwaannya kepada Allah SWT,” tambah H. La Sengka.

Sedangkan, pesan dan kesan dari jemaah haji yang disampaikan Ketua Rombongan Bapak Zainudin M. Ido, mengatakan, bahwa mereka selama melaksanakan ibadah haji semua dalam keadaan sehat, dirinya mewakili jamaah haji mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Pulau Taliabu, karena memberikan pelayanan yang maksimal. Bahkan selama berada di tanah suci rombongan Bupati Pulau Taliabu, sempat mengunjungi kloter asal Taliabu dan memberikan materi untuk membeli kebutuhan selama di tanah suci.

”Kami berterima kasih. Apalagi Bupati sempat mengunjungi kami di hotel dan memberikan sesuatu untuk membeli kebutuhan,” katanya.

Dalam penjemputan itu, hadir diantaranya asisten II H. La Hudia Usman, Danramil 1510-02/Bobong Mayor Inf Yusuf Kadmaer, Pabung satgas BKO kodim Persiapan Kapten CZI Edwin, Kapolsek Taliabu barat AKP Said Aslam S.Ik, Pasi OPS Satgas BKO Kodim Persiapan Lettu CZI Dani Widodo, Staf ahli Taslim Rasyid serta keluarga jamaah haji. (HH)