Beranda Halmahera Selatan Kominfo Target 2020 Halsel, Merdeka Signal 

Kominfo Target 2020 Halsel, Merdeka Signal 

948
0
BAGIKAN
Salah satu tower di Desa Kayoa, Kabupaten Halmahera Selatan.

LABUHA – Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) terus melakukan gebrakan untuk pembenahan infrastruktur dari tahun ke tahun, salah satunya bantuan menara tower BTS untuk akses jaringan telepon seluler, dari Pemerintah pusat melalui Kementerian Kominfo.

Hal ini terlihat, dari tahun 2019 ini, bantuan menara tower BTS untuk Halsel terbilang paling banyak dibandingkan daerah lain di seluruh Indonesia. Tercatat ada sekitar 46 unit menara tower yang di berikan, 13 unit diantaranya sudah terpasang di bulan Agustus ini, sedangkan sisanya dijadwalkan tiba pada bulan September mendatang. Dengan tambahan 46 unit menara tower jaringan telpon seluler di harapkan seluruh Desa di Halsel sudah bisa menikmati jaringan telpon seluler, dengan begitu target Kabupaten Halsel Merdeka signal pada tahun 2020 mendatang bakal terwujud.

Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Halmahera Selatan,  L. Sofyan Mubarun ST, kepada wartawan mengaku, dari 46 unit menara tower BTS yang diberikan, 13 unit sudah terpasang di Desa Suma Tinggi Bacan,  Desa Kampung Baru Botanglomang,  Desa Nondang Bacan Barat, Desa Tabajaya Bacan Timur Selatan, Desa Tabangame Bacan Timur Selatan,  Desa Silang Bacan Timur Selatan, Desa Tutupa Bacan Timur Tengah, Desa Tomara Bacan Timur Tengah, Desa Wayatim Bacan Timur Selatan, Desa Sagawele Kayoa, Desa Bukimiake dan Desa Hatijawa Kayoa Barat.

Meski sudah terpasang lengkap dengan pagar,  seluruh menara tersebut belum bisa digunakan karena masih ada peralatan penunjang lain yang belum terpasang, meliputi mesin genzet, aki, dan lainnya.

“Proyek ini satu paket, selain menara tower, juga ada alat penunjang seperti mesin kalau sudah terpasang semuanya akan segera on,”ungkap Sofyan.

Sedangkan sisanya 33 unit, direncanakan tiba pada awal bulan September mendatang dan langsung di pasang pihak teknisi dari Kementerian Kominfo, tujuannya untuk mempermudah masyarakat di wilayah pesisir Halsel mendapatkan akses jaringan seluler. Dengan begitu target Halsel merdeka signal di tahun 2020 sebagaimana program Presiden Joko Widodo bakal terpenuhi. (Raja)