Beranda Halmahera Selatan KPH Halsel Proyeksi, Wisata Air Terjun Bibinoi dan Danau Songa Jadi Icon...

KPH Halsel Proyeksi, Wisata Air Terjun Bibinoi dan Danau Songa Jadi Icon Halsel

889
0
BAGIKAN
Salah satu spot wisata yang akan dibangun di Kabupaten Halmahera Selatan.

LABUHA – Lokasi wisata Air terjun Desa Bibinoi dan Danau  Songa di Kecamatan Bacan Timur Tengah bakal menjadi icon objek wisata terkenal di Kabupaten Halmahera Selatan tahun 2020 mendatang.

Hal ini menyusul adanya suntikan dana dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, untuk membangun seluruh sarana dan prasarana penunjang kedua lokasi wisata tersebut berdasarkan masterplan yang di keluarkan UPT KPHP Bacan tahun 2018 lalu, diperkirakan kedua proyek ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 5.1 miliar, dengan rincian Rp 2,2 miliar untuk lokasi wisata Air Terjun Bibinoi dan Rp 2,9 miliar untuk wisata Danau Songa.

Kepala UPT KPHP Bacan, Fahrizal Rahmadi, S.Hut, kepada wartawan mengatakan bahwa kedua lokasi wisata tersebut dikelola langsung UPT KPHP Bacan bersama Kelompok Tani setempat, yang sumber anggarannya berasal dari Pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dengan tujuan untuk menjadi pedoman pembangunan sarana dan prasarna bagi pengembangan dan pengelolaan Wisata alam di KPHP Bacan sesuai degan dinamika perubahan dan perkembangan serta mendapat sesuaian yang baik sehingga tidak terjadi fenomena tambal sulam dikawasan KPHP Bacan dimasa mendatang.

“Proses pekerjaan tahap pertama meliputi gerbang masuk, pos loket jaga dan toilet masing masing dua unit sudah selesai di bangun,” tandas Fahrizal.

Selanjutnya menurut dia akan dibangun beberapa fasilitas lain meliputi,  rest area, playground, sport selfie,  Plaza Landmark, area parkir, gate,  entrance, jalan setapak dan jembatan. Dimana seluruh kontruksi bangunannya terbuat dari kayu.

“Ini merupakan satu satunya lokasi wisata di Indonesia yang dibangun mengunakan sumber anggaran dari Kementerian LH dan Kehutanan,” tandasnya. (Raja)