Beranda Maluku Utara Rayakan HUT TNI AD Ke 74 Tahun, Bulan Ini Distan Morotai Bersama...

Rayakan HUT TNI AD Ke 74 Tahun, Bulan Ini Distan Morotai Bersama Kodim Persiapan Lakukan Penanaman Buah Mangga

252
0
BAGIKAN
Kepala Dinas Pertanian Pulau Morotai, M. Rizal Ismain.

MOROTAI – Setelah melakukan pencanangan salah satu tanaman hortikultura yaitu buah nanas di desa Sabatai Baru dalam wilayah Kecamatan Morsel, maka dalam bulan ini Dinas Pertanian (Distan) Pulau Morotai bersama Kodim persiapan morotai, akan melakukan penyerahan sekaligus dengan penanaman buah mangga di desa Joubela dan Totodoku.

”Penanaman buah hortikultura yang nantinya bakal dilakukan ini dalam rangka merayakan HUT TNI AD yang Ke-74 tahun 2019,” kata Kepala Dinas Pertananian Pulau Morotai, M. Rizal Ismain, saat di temui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (4/9).

Dikatakan Kadis, ”Kalau kita mengikuti berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 23 tahun 2018 Tentang pengembangan kawasan hortikultura buah-buahan. Maka total tanaman buah hortikultura sebanyak 11 jenis buah, yang akan ditanam di lima Kecamatan, diantaranya Kecamatan Morsel buah nanas, mangga dan kelengkeng, Kecamatan Mortim buah jeruk manis dan samangka, Kecamatan Morut buah rambutan, Kecamatan Morja buah alfokat dan langsa, Kecamatan Morselbar buah salak, nangka dan durian,” tuturnya.

Lanjut Kadis, ”Namun untuk saat ini yang tersedia di kami baru 6 jenis buah, yakni buah nanas lokasi penanaman di desa Sabatai Baru, buah mangga di desa Joubela dan Totodoku, buah jeruk manis desa Gosoma Maluku, Hino dan desa Buho-buho, buah rambutan desa Tanjung Saleh, buah nangka desa Wayabulla dan desa Bobula. Sementara untuk buah durian di pulau Posi-posi Rao, dan buah salak di desa Waringi,” terangnya.

Ditambahkan, ”Sementara untuk lokasi pencanangan atau penanaman itu dilakukan di dua lokasi yaitu, dalam pengkarangan dan kawasan perkebunan.  Untuk saat ini kami lebih fokus di dua jenis tanaman hortikultura, yakni nanas dan salak. Karena  kedua jenis tanaman ini yang lebih cepat menghasilkan buah,” katanya. (Ical)