Beranda Maluku Utara Dinas Pertanian Morotai Siap Berikan Bantuan Bibit Kepada Petani Yang Kehilangan Tanaman

Dinas Pertanian Morotai Siap Berikan Bantuan Bibit Kepada Petani Yang Kehilangan Tanaman

266
0
BAGIKAN
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulau Morotai, M. Rizal Ismail.

MOROTAI – Kebakaran lahan yang terjadi dalam dua bulan terakhir ini membuat sejumlah petani kehilangan tanaman, lantaran tanaman mereka banyak yang ikut terbakar.
Kasus kebakaran tanaman warga ini membuat Dinas Pertanian (Distan) Pulau Morotai prihatin.

”Untuk tidak mengurangi semangat warga agar terus bertani pasca kebakaran nanti, Distan siap membantu bila mana warga yang tanamannya terbakar meminta bantuan bibit ke Distan setempat, karena setiap tahun kita ada bantuan bibit cengkeh, pala dan kelapa. Kalau mereka (petani) masih ingin menanam tahun depan kita siap bantu bibit,” janji Kadistan Pulau Morotai, M. Rizal Ismail, kepada wartawan, Senin (23/9).

Dikatakan Rizal, ”Berdasarkan laporan yang baru kami terima dari masyarakat itu kebakaran tanaman cengkeh, pala dan kelapa terjadi di beberapa titik dalam wilayah Kecamatan Morsel, yakni desa Daeo, desa Muhajirin Baru dan di lokasi SP, dan dipastikan tanaman tersebut tak bisa lagi tumbuh kembali, karena daun dan batangnya sudah hangus dan kering,” tutur Rizal.

Dirinya lantas berharap, agar masyarakat tidak patah semangat bercocok tanam, karena Pemda Morotai melalui Dinstan setempat siap berikan bantuan, terutama bagi petani yang terkena musibah kebakaran.”Kami siap bantu jika para petani mau melakukan penanaman kembali,” harap Rizal. (Ical)