Beranda Maluku Utara Selamat, Kapal Rakyat 35 GT Tak Lama Lagi akan Beroperasi

Selamat, Kapal Rakyat 35 GT Tak Lama Lagi akan Beroperasi

734
0
BAGIKAN
Kapal Rakyat 35 GT. (Foto: Istimewa)

TIDORE KEPULAUAN – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia melalui Direktur Jenderal Perhubungan Laut telah menandatangani Surat keputusan (SK) hibah Kapal Rakyat 35 GT untuk diberikan ke Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Kapal rakyat 35 GT dengan nama KM. Banawa Nusantara 32 yang akan melayani rute pesisir Kecamatan Oba Selatan, Oba, Oba Tengah ke Pulau Tidore itu, tinggal menunggu diantar oleh pihak ketiga, guna diserahkan ke Pemkot Tidore untuk dioperasikan.

Adanya persetujuan hibah kapal rakyat dari Kemenhub tersebut, membuat Wali Kota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim menyambut gembira, sebab dengan adanya kapal rakyat itu akan membantu masyarakatnya yang ada di daratan Oba.

“Alhamdulillah, ini adalah kabar baik karena permintaan kapal rakyat 35 GT dari Pemkot Tidore telah disetujui,” kata Wali Kota, dikutib dari Kepala Kantor Syahbandar Pelabuhan Penyeberangan Kelas 3 Kota Tidore Kepulauan, Rosihan Gam Cim kepada media ini lewat aplikasi tukar pesan (WhatsApp), Jumat (04/10) malam.

Dikatakan pula, Wali Kota Ali Ibrahim berharap bilamana kapal tersebut telah sampai di Tidore, agar dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Apabila kapal hibah tersebut telah sampai di Tidore agar benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Tikep untuk aktifitasnya dan barang, guna mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Tidore,” ujar Wali Kota.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Tidore, Daud Muhammad, mengatakan bahwa, SK hibah kapal ini sudah ditandatangani. Artinya, kapal tersebut tak lama lagi sudah berada di Pemkot Tidore.

“Kapal ini dibuat di galangan kapal di Kendari. SK sudah ada, namun belum ada info kapan diantar kesini,” katanya saat dikonfirmasi, kemarin (4/10).

Dirinya mengaku, sudah berkoordinasi dengan pihak ketiga. Sehingga tinggal menunggu diantar. “Yang penting sudah ditandatangani SK hibahnya. Itu berarti sudah aman. Kita tinggal menunggu mereka (pihak ketiga) antar kesini saja,” tuturnya.

Untuk diketahui, kapal rakyat 32 GT yang dilengkapi fasilitas Air Conditioner (AC) dan tempat duduk dari spons itu melayani trayek Soasio-sofifi (PP), Soasio-Loleo-Gita-Maidi (PP), serta Soasio-Mare-Gita (PP). Sedangkan tarif kapal rakyat tersebut nantinya akan disesuaikan. (SS)