Beranda Maluku Utara Pemerintah Kota Ternate Peringati Hari Pahlawan Nasional

Pemerintah Kota Ternate Peringati Hari Pahlawan Nasional

345
0
BAGIKAN
Suasana Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional di Ternate.

Wakil Wali Kota Bertindak sebagai Inspektur Upacara

TERNATE – Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada Minggu 10 November 2019 di peringati Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate.
Pelaksanaan upacara dilaksanakan di Halaman Kantor Wali Kota Ternate di Jalan Pahlawan Revolusi Nomor 1 Kota Ternate Tengah.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wakil wali kota Ternate, H Abdullah Tahir, pemimpin upacara, Syarif dan dan dihadiri oleh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta seluruh ASN Pemkot Ternate.

Dalam Upacara tersebut, Wakil Wali Kota Ternate membacakan Amanat Menteri Sosial (Mensos) RI, Juliari Batubara.

Dalam amanatnya dikatakan, “Setiap Hari Pahlawan, kita diingatkan pada pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, sebagai salah satu momen peristiwa paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia”.

“Peristiwa perang mengingatkan kita, bahwa
kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri”.

Masih amanat Mensos, “Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang hendaknya, perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia”.

“Dengan Peringatan Hari Pahlawan tersebut,
diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita, Bung Karno yang menyatakan bahwa, “Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya yang dapat menjadi bangsa yang
besar”.

Selain itu Peringatan Hari Pahlawan,
kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak- anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019, “Aku Pahlawan Masa Kini”.

Lanjutnya, “Menjadi Pahlawan Masa Kini, dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya”.

Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa, sekarang, pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan.

Usai upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional, Wakil Wali Kota menyerahkan bingkisan secara simbolis pada empat (4) orang veteran mereka adalah, Idris Jusuf
Hakim Sangaji, Arsad Milan dan Sampuang Bugis. (Red)