Beranda Maluku Utara Acara Puncak HKN ke-55 di Tidore Berlangsung Meriah

Acara Puncak HKN ke-55 di Tidore Berlangsung Meriah

549
0

TIDORE KEPULAUAN – Acara Puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) KE-55 Tahun 2019 di Kota Tidore Kepulauan berlangsung meriah. Kegiatan yang mengusung tema, Generasi Sehat Indonesia Unggul, ini dipusatkan di Pandopo Arena Budaya, Open Space, Tidore, Selasa (12/11).

Pada Kesempatan ini Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan H. Asrul Sani Soleiman membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI, dalam sambutannya, Menteri menyampaikan bahwa pada lima tahun masa tugas Kabinet Indonesia kerja 2015-2019, pembangunan kesehatan telah memperjuangkan tiga pilar yaitu Paradigma Sehat, Penguatan Akses Pelayanan Kesehatan dan Penyediaan Biaya Jaminan Kesehatan Nasional yang mengusung kegiatan promotif dan preventif, melalui beberapa program unggulan bidang kesehatan seperti Germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, PIS-PK atau Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga dan NS atau Nusantara Sehat.

“Dan melalui momentum Hari Kesehatan Nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi kekuatan dan kebersamaan kita untuk menitikberatkan pembangunan generasi sehat yang dilandasi tekad untuk memajukan bangsa dan berharap kita dapat bekerjasama dengan baik dalam melakukan upaya-upaya inovasi percepatan pembangunan kesehatan tanpa menyalahi aturan yang berlaku sesuai amanat Presiden khususnya dalam mengentaskan stunting dan memperbaiki layanan kesehatan serta membenahi tata kelola BPJS Kesehatan serta penyediaan obat dan alat kesehatan lokal yang murah berkualitas,” cetusnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan Dr. Abdullah Marajabesy dalam laporannya menyampaikan bahwa momentum HKN Ke-55 ini sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa, masyarakat, organisasi kemasyarakatan dan swasta beroeran serta dalam upaya kesehatan dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan H. Asrul Sani Soleiman diserahkan kepada Purna Bhakti Kesehatan, Penyerahan Sertifikat Akreditasi pada 6 UPT Puskesmas di Kota Tidore Kepulauan, penyerahan Sertifikat Kursus Hygiene Sanitasi Depot Air Minum kepada 30 Depot Air Minum, pemberian Penghargaan kepada 9 Tenaga Kesehatan Teladan Lingkup Dinas Kesehatan, pemberian Penghargaan 14 Tenaga Kesehatan Teladan Lingkup RSD Kota Tidore Kepulauan, pemberian hadiah untuk para pemenang Lomba Inovasi Bina Wilayah dan Lomba Paduan Suara. (Hms/SS)