Beranda Maluku Utara 2020 Malut Miliki BLK Khusus Alat Berat di Sofifi

2020 Malut Miliki BLK Khusus Alat Berat di Sofifi

1539
0
BAGIKAN
Sekretaris Disnakertrans Provinsi Maluku Utara, Talib Pono.

TERNATE – Pemerintah provinsi (Pemprov) Maluku Utara melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Maluku Utara, rencananya akan membangun Balai Pelatihan Kerja (BLK) khusus alat berat. Pembangunan tersebut direncanakan akan dibangun pada tahun 2020 di Sofifi dengan luas tanah 5 hektar.

Sekretaris Disnakertrans Provinsi Malut, Talib Pono dalam wawancaranya saat pembukaan pelatihan vokasi di hotel Batik Ternate, menyebutkan lahan seluas 5 hektar tersebut diperuntukkan untuk bangunan BLK khusus alat berat yang rencananya akan dibangun pada tahun 2020.

Lanjut dia, BLK khusus alat berat nantinya akan melatih para pencari kerja dalam mengoperasilan alat berat, pasalnya saat ini Maluku Utara memang membutuhkan operator alat berat untuk dipekerjakan di perusahan-perusahan besar seperti di perusahan tambang.

“Kalau di Ternate memang sudah ada BLK, hanya kan terbatas dengan letak dan ukuran lokasi yang kecil sehingga khusus alat berat kita siapkan di Sofifi karena memiliki lahan yang luas,” tuturnya.

Dia juga menambahkan dengan adanya BLK khusus alat berat, diharapkan para pencari kerja bisa memanfaatkan kesempatan latihan tersebut, sehingga kedepan jika perusahan tambang membuka lowongan pekerjaan khusus operator alat berat, maka Malut sudah tidak susah menyiapkan tenaga tersebut, karena memang sudah tersedia.

“hanya saja kita harus bersama-sama meningkatkan semangat dan kompetensi kita sehingga kebiasaan tidak percaya diri bisa berubah menjadi motivasi untuk menunjukkan skill masing-masing,” tutupnya. (NT)