Beranda Maluku Utara BP Jamsostek Buka Pelatihan Vokasi

BP Jamsostek Buka Pelatihan Vokasi

378
0
BAGIKAN
Foto bersama Kepala BP Jamsostek Ternate bersama peserta pelatihan. (Foto: NT)

TERNATE – BPJS Ketenagakerjaan yang saat ini telah berubah menjadi BP Jamsostek menggelar pelatihan Vokasi BPJS Ketenagakerjaan cabang Ternate tahun 2019. Pelatihan berlangsung di Hotel Batik, Senin (18/11/2019) selama lima hari kedepan, dengan jumlah peserta 50 orang yang berasal dari Maluku utara.

Ke 50 peserta tersebut dulunya merupakan karyawan yang sudah dikenakan pemutusan hubungan kerja (PHK), kemudian belum memiliki pekerjaan lagi. Kepala cabang BP Jamsostek Ternate, Khomsan Hidayat saat diwawancara sejumlah awak media menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan Vokasi agar peserta lebih mudah terserap pada lapangan kerja terutama para pelamar bisa lebih meningkatkan keterampilan masing-masing.

“Jadi ke 50 peserta ini berasal dari Maluku utara dan dari berbagai sektor seperti supermarket, jasa tambang dan lainnya dengan memenuhi persyaratan teknis, yang nanti saat terpilih akan diberikan pelatihan Vokasi,” jelas Khosman.

Dirinya juga berharap kedepan jumlah kuota yang ikut pelatihan akan lebih banyak lagi. Sehingga para pelamar bisa terserap oleh lapangan kerja, baik itu sama dengan profesi awal atau bisa jadi berganti pada profesi keahlian lainnya.

Sementara itu, Sekertaris Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Maluku Utara, Talib Pono mengatakan, prinsipnya Pemprov Maluku Utara, selalu mendorong kearah yang lebih baik. Baginya PHK bukanlah akhir dari segalanya, melainkan sebuah pembelajaran dengan jalan terus berinovasi dan salah satunya seperti mengikuti pelatihan Vokasi ini.

“Kita juga harus mempersiapkan diri terutama skill atau kemampuan dalam menghadapi tantangan, pasalnya dengan adanya lapangan kerja yang tersedia maka kemampuan juga harus diutamakan,” tandasnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, pelatihan vokasi sangat dibutuhkan untuk melatih para peserta yang nantinya akan bekerja.

Kesempatan yang sama Asisten Deputi Wilayah Sulawesi – Maluku Bidang Umum dan SDM, Dewi Mulya Sari menyebutkan, kuota pelatihan Vokasi untuk wilayah Sulawesi – Maluku ada 450 orang yang sudah terbagi di wilayah masing-masing.

Dengan harapan pelatihan Vokasi segera dilakukan secepat mungkin, agar para pekerja yang ada didaerah masing-masing sehingga pelatihan ini bisa bermanfaat dan memiliki nilai tambah terhadap peserta BPJS Ketenagakerjaan, yang mengalami PHK yang hingga saat ini belum memiliki pekerjaan. Dia juga berharap kepada seluruh peserta setelah mengikuti pelatihan Vokasi bisa segera kembali bekerja dan meningkatkan kompetensi.

“Pelatihan Vokasi ini dimulai dari sekarang karena tahun depan pesertanya sudah lebih banyak, dan ada persyaratan usia maksimal 40 tahun kemudian sudah pernah menjadi peserta. Intinya ini untuk yang belum ada pekerjaan,” tutupnya. (NT)