Beranda Maluku Utara Cakalele dan Joko Kaha Sambut kedatangan Pangdam XVI/Pattimura di Taliabu

Cakalele dan Joko Kaha Sambut kedatangan Pangdam XVI/Pattimura di Taliabu

707
0
BAGIKAN

TALIABU – Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Dr Marga Taufiq SH.MH, tiba di Kabupaten Pulau Taliabu, tepatnya di  Desa Bobong, Kecamatan Taliabu Barat pada Kamis (21/11). Kedatangan Pangdam di Taliabu ini merupakan rangkaian kunjungan kerja ke wilayah Maluku Utara, yang sebelumnya sudah ke Tidore dan Kepulauan Sula.

Kedatangan Marga Taufiq disambut dengan tarian Cakalele  dan upacara adat Joko Kaha (injak tanah).

Kedatangan Mayjen TNI Dr Marga Taufiq didampingi oleh, Danrem 152/Babullah Kol.Inf Endro Satoto, Kazidam XVI/Pattimura Kol Czi Rudy Wahyudiono SE, Kasi Intel Kasdam XVI/Ptm Kol Inf R. Suranto SIP, As Ops Kasdam XVI/Pattimura Kol Inf Eppy Gustiawan SIP, As Log Kasdam XVI/Pattimura Kol Czi Heriyana Susanto, Pabandya Log Kasdam XVI/Ptm Letkol INF Hery. W, Kasi Ops Korem 152/Babullah Letkol Inf Cecep Kurniawan, Kasi Intel Korem 152/Babullah Mayor Kav Yuki Androfof, Pendam XVI/Pattimura Serda M. Hafis. Adc Pangdam Serda Suhendra Adc Danrem Serda Aji Siswanto.

Setelah di Bobong, Marga Taufiq langsung bertemu dengan Bupati Kabupaten Pulau Taliabu Aliong Mus, beserta jajaran perangkat daerah beserta pemerintah desa.

Dihadapan pemerintah daerah, Marga Taufiq menyampaikan beberapa materi mengenai pentingnya menjaga kesatuan Republik Indonesia dan juga beberapa program TNI dalam menjaga keutuhan NKRI. Mulai dari kerja Babinsa di desa, sosialisasi anggota TNI di sekolah, kerja TNI di masyarakat dan juga perekrutan anggota TNI bagi pemuda dan pemudi Taliabu untuk bergabung dengan TNI.

Sementara, Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus dalam kesempatan yang sama menyampaikan terima kasih kepada Mayjen TNI Dr Marga Taufiq beserta rombongan yang telah menyempatkan diri untuk melakukan kunjungan ke Taliabu. Aliong juga berjanji akan mempercepat proses pembentukan kodim persiapan di Taliabu.

“Pertama saya ucapkan terima kasih kepada bapak Pangdam XVI Pattimura mayjen TNI Dr Marga Taufiq beserta rombongan yang telah menyempatkan diri kunjungan kerja ke wilayah Taliabu. Kami sangat mengharapkan pembentukan Kodim di Taliabu, maka dari itu kami telah membangun gedung Koramil di beberapa kecamatan yang tersebar di Taliabu sebagai persyaratan pembentukan Kodim,” singkat Aliong. (HH)