Beranda Maluku Utara Realisasi DK Tahap II Kalumpang Capai 85 Persen

Realisasi DK Tahap II Kalumpang Capai 85 Persen

511
0
BAGIKAN
Lurah Kalumpang, Mohtar Umasangadji.

TERNATE – Realisasi Dana Kelurahan (DK) tahap II Kelurahan Kalumpang kecamatan Ternate Tengah sudah mencapai 85 persen. Hal tersebut diungkapkan Lurah Kalumpang Mohtar Umasangadji saat diwawancara, Senin (25/11/2019) di ruang kerjanya.

Mohtar memyebutkan untuk DK tahap II diperuntukan dananya untuk pembangunan fisik dikelurahan. Ia mengatakan saat ini sudah ada beberapa pengerjaan yang selesai seperti pembuatan drainase (saluran air), tempat sampah, pengadaan alat pemadam kebakaran ditiap-tiap rumah ketua RT, dan pembuatan jalan paving.

“Jadi ada 12 RT dan 6 RW yang diberikan alat pemadam kebakaran, per rumah 1 unit kalau ada kebakaran warga bisa langsung ambil alat tersebut, asalkan memang warga di RT tersebut karena masing-masing RT sudah disiapkan,” ungkapnya.

Dalam tahap II, kelurahan Kalumpang mendapatkan dana sebesar Rp 227 juta. Jika sebelumnya pada DK tahap 1 diperuntukkan untuk pemberdayaan untuk itu tahap II fokus pada pembangunan fisik.

“Kalau tahap I pemberdayaan tahap II fisik, pembuatan saluran air di RT 001/RW 003 sepanjang 102 meter dan RT 002/RW 04 sepanjang 73 meter,” tuturnya.

Lebih lanjut Mohtar mengatakan bahwa tujuan pada DK tahap II yakni swakelola untuk warga setempat agar masyarakat bisa ikut terlibat bersama-sama dalam pembangunan kelurahan sehingga dirinya berharap dengan adanya DK semua kebutuhan fasilitas masyarakat secara bertahap bisa terpenuhi. (NT)