Beranda Maluku Utara Lomba Jonga dan Morotai Idol Akan Digelar

Lomba Jonga dan Morotai Idol Akan Digelar

439
0
BAGIKAN
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten  Pulau Morotai, Ida Arsad. (Foto: Istimewa)

MOROTAI – Lomba Jojaru Ngogare (Jonga) dan Morotai Idol mulai dilaksanakan pada Kamis malam tanggal 13 Desember, berlangsung di Taman Kota Daruba.

Dua event ini merupakan lanjutan dari kegiatan Festival Morotai 2019, yang direncanakan akan berlangsung selama 8 hari mulai tanggal 13 hingga 21 Desember.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten  Pulau Morotai, Ida Arsad mengatakan, jumlah peserta khususnya Morotai Idol yang telah mendaftar sudah sebanyak 186 orang yang terdiri dari orang dewasa dan anak-anak. Namun nantinya akan disaring melalui audisi. Karena yang bisa tampil di babak penyisihan hanya 50 orang.

“Jadi audisinya sudah kita mulai hari ini sampai besok, dan ke 50 orang itu semuanya ketegori dewasa, untuk anak-anak pendaftarnya sedikit jadi dia tidak menentu, nanti disesuaikan saja, dan lagu untuk kategori dewasa itu Dangdutan dan POP. Sedangkan untuk anak-anak lagunya umum,” ucap Ida, kepada media ini di kantor bupati, Rabu (11/12).

Menurutnya, para peserta yang mendaftar di event Morotai Idol ini bukan hanya dari Morotai. Tetapi dari luar Morotai juga banyak yang berminat ikut lomba ini.

”Dari Ternate, Halsel, Halut dan Haltim juga ada yang ikut. Nah untuk hadiah yang direbutkan total sebesar Rp 50 juta. Jadi Rp 50 juta untuk pemenang juara pertama, kedua, ketiga dan keempat,” jelasnya.

Lanjut Ida, ”Berbenda dengan event Jonga. Karena event ini pesertanya dibatasi hanya khusus putra-putri Morotai saja. Bisa dari luar tapi dia harus berketurunan Morotai baru bisa ikut. Sementara untuk hadiahnya sedikit lebih besar dari Morotai Idol yaitu Rp 100 juta, dan jumlah peserta saat ini sudah 78 orang yang terdaftar,” katanya.

Untuk sistem penilaian Jonga, kata Ida, akan dilihat dari tiga aspek yaitu Behavior, Beauty dan Fashion, dan tujuan dari kegiatan Jonga ini atau ouput dari kegiatan ini diharapkan mereka bisa menjadi duta Morotai dalam mempromosikan Morotai ke daerah luar.

“Sementara untuk Morotai Idol mereka akan ditugaskan untuk menampilkan keahliannya pada setiap atraksi atau event di Pulau Morotai. Karena nanti di 2020 itu setiap Minggu kita akan laksanakan event. Baik festival dan kegiatan rutinitas yang berkaitan dengan atraksi seperti budaya dan musik. Jadi mereka akan tampil di tempat-tempat itu,” tuturnya.

Ida menambahkan, ”Walau grand final dari dua event ini ditutup pada 21 Desember, tapi kegiatan puncaknya nanti dilaksanakan pada malam lepas sambut tahun baru 2020 bertempat di lapangan eks Sail Morotai desa Juanga Kecamatan Morsel dengan menghadirkan penyanyi dangdut yaitu Fildan,” tutupnya. (Ical)