Beranda Maluku Utara Keluarga Kesultanan Ternate Sepakati Sketsa Wajah Sultan Baabullah dari Karya Sir Francis...

Keluarga Kesultanan Ternate Sepakati Sketsa Wajah Sultan Baabullah dari Karya Sir Francis Drake

878
0
BAGIKAN
Tim perumus naskah akademik seminar Sultan Baabullah sebagai Pahlawan Nasional. (Foto: Istimewa)

TERNATE – Sketsa wajah Sultan Baabullah, dengan sumber  yang dikutip dari karya  Sir Francis Drake, telah disetujui oleh Tim perumus naskah akademik seminar Sultan Baabullah sebagai pahlawan nasional dan perwakilan keluarga kesultanan Ternate yang diwakili oleh Jou Ngofa Hidayat Sjah. Keputusan tersebut disepakati bersama pada Rabu (11/12/2019) di Jakarta.

Sekretaris tim perumus naskah akademik seminar Sultan Baabullah sebagai pahlawan nasional, Doktor Thamrin Husain kepada wartawan, usai sidang pembobotan mengatakan dari hasil rapat terkait sketsa wajah Sultan Baabullah telah disepakati sketsa wajah yang dikutip dalam karya Francis Drake, Echoes Of The Dragon’s Drum, 1579.

“Dari hasil penjelasan pihak tim dan keluarga kesultanan disepakati sketsa wajah yang dipakai dalam seminar nasional Kamis 12 Desember 2019 di aula FIB UI Depok adalah sumber gambar Sir Francis Drake,” kata Thamrin.

Menurutnya, hanya saja sketsa yang disepakati ini belum dipatenkan untuk wajah asli, meski nanti Sultan Baabullah resmi menjadi pahlawan nasional, “Jadi sketsa raut wajah Sultan Babullah bisa disesuaikan selama ada penemuan terbaru secara ilmiah,” ujarnya.

Lebih lanjut, bahkan dari hasil rapat lanjutan pemantapan seminar oleh tim yang berlangsung di gedung FIB UI, dari hasil rapat itu untuk kegiatan seminar pada Kamis (12/12/2019) sudah 100 persen siap dilaksanakan dan nanti pada seminar berlangsung bakal menampung masukan dan saran untuk pembobotan naskah akademik.

“Untuk kesiapan jelang H-1 seminar nasional Sultan Baabullah sudah kurang lebih 300 undangan dan pemateri telah terkonfirmasi dan menyatakan kesiapan untuk hadir,” singkatnya. (Rls/NN)