Beranda Maluku Utara Salah Satu Peserta JKN-KIS Merasa Puas dengan BPJS Kesehatan

Salah Satu Peserta JKN-KIS Merasa Puas dengan BPJS Kesehatan

234
0
BAGIKAN
Salah Satu Peserta JKN-KIS, Ridwan Wawa.

TERNATE – Sempat berkecil hati  karena belum mendapat jaminan kesehatan, kini Ridwan Wawa salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia KIS (JKN-KIS) segmen Penerima Bantuan Iuran, telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS yang kepesertaannya ditanggung oleh pemerintah daerah, merasa terbantukan.

Ridwan menyebutkan dengan adanya Kartu KIS, ia tidak lagi khawatir apabila sewaktu-waktu sakit, semisalnya seperti belum lama ini, dirinya divonis menderita Diabetes Mellitus (DM) dan juga Jantung Kronis sehingga perlu penanganan intensif.

Selama menjalani perawatan, Ridwan mengaku sangat puas dengan pelayanan yang diberikan, tidak dibedakan dengan pasien umum. Ia juga kagum dengan inovasi dari BPJS Kesehatan yaitu kegiatan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang mendorong peserta untuk meningkatkan kesadaran dan kemauan untuk menjalani hidup sehat.

“Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama saya rutin mengadakan Senam Prolanis, ini sangat bagus karena bisa meningkatkan kesadaran dan kemauan untuk selalu menjaga pola hidup sehat. Selain senam kami juga sering mendapatkan sosialisasi pola hidup sehat. Ini sangat bagus sekali,” terang Ridwan saat diwawancara, Senin (23/12/2019).

Ridwan juga menuturkan bahwa ia pernah menjalani operasi katarak yang seluruh biayanya ditanggung oleh BPJS Kesehatan melalui Program JKN-KIS ini. Selama mendapat perawatan ia mengaku, dilayani dengan sangat baik dan tidak dimintai biaya tambahan termasuk mendapatkan pelayanan kacamata karena seluruh biayanya ditanggung.

Selama menjalani perawatan mulai dari pemeriksaan awal hingga proses penyembuhan yang kurang lebih selama 7 bulan, ia selalu mendapatkan pelayanan yang baik dari rumah sakit.

“Kurang lebih 7 bulan saya mendapat perawatan dengan sangat baik tanpa ada biaya tambahan,” jelas Ridwan.

Ridwan juga mengaku dengan menjadi peserta JKN-KIS dirinya sangat beruntung menjadi bagian dari Program JKN-KIS, dimana ia bangga dengan hadirnya pemerintah dan BPJS Kesehatan untuk terus menjaga keberlangsungan Program JKN-KIS ini terus terjaga.

Meskipun banyak tantangan yang dihadapi, ia selalu berharap program ini selalu hadir untuk masyrakat khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu seperti dirinya. (NN)