Beranda Maluku Utara Peringatan HAB ke 74 tahun Kemenag sebagai Refleksi Rasa Syukur

Peringatan HAB ke 74 tahun Kemenag sebagai Refleksi Rasa Syukur

359
0
BAGIKAN
Peringatan HAB ke 74 Tahun Kemenag di Ternate.

TERNATE – Kementerian Agama (Kemenag) kota Ternate peringati hari Amal Bakti (HAB) ke 74 tahun dengan tema Umat Rukun, Indonesia Maju . Peringatan tersebut berlangsung di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 (MTsN) kota Ternate, Jumat (3/1/2020) yang dihadiri oleh Wali kota Ternate, Forkompimda, Ketua Baznas Kota Ternate, Kepala Kemenag Kota Ternate dan seluruh pegawai Kemenag Kota Ternate.

Amanat Menteri Agama RI yang dibacakan oleh Wali Kota Ternate Hi. Burhan Abdurahman menyampaikan bahwa HAB Kemenag ke 74 merupakan tonggak peristiwa penting yang mempunyai arti khusus bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama yaitu Hari Amal Bakti Kementerian Agama.

Peringatan HAB Kemenag, lanjut Wali Kota yakni merefleksi rasa syukur kita kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kemenag.

Lebih lanjut amanat Menag RI tersebut, bahwa dalam negara Pancasila, siapapun dengan alasan apa pun tidak diperkenankan melakukan propoganda anti agama, penistaan terhadap ajaran agama dan simbol-simbol keagamaan, menyiarkan agama dengan pemaksaan, ujaran kebencian dan kekerasan terhadap pemeluk agama yang berbeda. Hal tersebut pula berlaku pada segala kebijakan pemerintah tidak boleh bertentangan dengan kaidah agama dan ideologi negara.

Selama tujuh dekade perjalanan sejarah kemenag banyak perubahan dan kemajuan yang dicapai dalam spektrum tugas yang begitu luas, seperti dalam fungsi bimbingan masyarakat beragama, pelayanan nikah, pembinaan pengelolaan zakat dan wakaf serta dana sosial keagamaan lainnya, penyelenggaraan ibadah haji, pendidikan agama dan keagamaan di semua jenjang, penelitian dan pengembangan serta kediklatan, pembinaan kerukunan antar umat beragama, penyelenggaraan jaminan produk halal serta penguatan tata kelola menajemen dan organisasi sesuai dengan agenda reformasi birokrasi.

Diakhir amanatnya, Menteri juga tak lupa menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh mitra kerja kemenag, terutama DPR RI, DPD RI, BPK, Kemenag/Lembaga pemerintah non kementerian, seluruh Gubernur dan Bupati serta Wali Kota se Indonesia, majelis agama, organisasi kemasyarakatan, lembaga dakwah, serta rekan-rekan media atas dukungan dan kerja sama dalam membantu kelancaran dan tugas serta program Kemenag.

Upacara diakhiri dengan melaunching Program Marasai Madrasah Gemar Bahasa Asing secara resmi oleh Wali Kota Ternate, Hi. Burhan Abdurahman. (NN)