Beranda Maluku Utara Ini Kata Kadikbud Morotai Soal UN 

Ini Kata Kadikbud Morotai Soal UN 

470
0
BAGIKAN
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadikbud) Pulau Morotai F. Revi Dara. (Foto: Istimewa)

MOROTAI – Rencana Pemerintah pusat melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) untuk menghapuskan Ujian Nasional (UN) ditahun 2021 mendatang bakal terealisasi.

Hal tersebut tentunya berdasarkan arahan Mendikbud bahwa UN kali terakhir dilakukan pada tahun ini. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadikbud) Pulau Morotai F. Revi Dara, ketika ditemui menyebutkan bahwa, di Tahun 2021 nanti sudah tidak lagi Ujian Nasional (UN).

”Tidak diberlakukan lagi UN dan ini berdasarkan arahan dari Menteri Pendidikan Mendikbud RI, Jadi UN ini terakhir dilakukan di tahun 2020 ini, dan di tahun 2021 nanti tidak ada lagi ujian nasional,” ungkap Revi, saat dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, Senin (27/1).

Dikatakannya, terkait dengan peraturan Menteri bahwa UN dilaksanakan terakhir kali pada tahun ini yang nantinya ditahun 2021 hingga lima tahun kedepan tidak diberlakukannya UN dengan konsep belajar diruangan yang kemudian diberikan keluasan bagi siswa-siswa.

”Jadi anak belajar tidak hanya menghafal tapi bagaimana inovasi-inovasi dilingkungan, sehingga anak tidak hanya pintar pada matematika tetapi ada kompetensi lain seperti di bidang olahraga dan lain sebaginya, dan kebijakan inilah yang dinilai kementerian sehingga diperbaiki. Bahwa tahun 2021 nanti tidak ada lagi ujian nasional, karena ujian nantinya itu ditentukan langsung oleh sekolah. Jadi yang susun soal dari sekolah dan tidak lagi ditentukan juknis dari pusat,” tuturnya.

Lebih jauh, dirinya mengatakan untuk kesiapan UN pada tahun ini, dirinya mengaku sudah siap.

“Karena yang akan lakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ini hanya SMP, mulai dari SMPN I sampai SMP V, dan prosesnya itu mulai berjalan di bulan Maret-April 2020. Sementara untuk Sekolah Dasar (SD) tidak ada UN, karena mereka hanya diberikan Ujian Sekolah,” jelasnya.(Ical/NN)