Beranda Maluku Utara Tiga Kelurahan di Kota Ternate Terima BPM

Tiga Kelurahan di Kota Ternate Terima BPM

486
0
BAGIKAN
Foto bersama usai kegiatan. (Foto: Istimewa)

TERNATE – Wakil Wali Kota Ternate, H. Abdullah Tahir, SH menghadiri acara sekaligus melakukan serah terima aset bantuan pemerintah untuk masyarakat (BPM) program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) kepada kelurahan Bastiong Talangame, Mangga Dua dan Soa Sio tahun anggaran 2019.

Acara berlangsung di kelurahan Bastiong Talangame RT 09/RW 03, pada Selasa (28/1/2020) pukul 10.30 Wit yang dihadiri oleh
Kadisperkim Ternate, Nuryadin Rahman, Perwakilan PUPR Ternate, Perwakilan Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Kota Ternate, Perwakilan Camat Selatan, Lurah Bastiong Talange, Lurah Mangga Dua, Lurah Soa Sio, dan sejumlah warga RT 09/RW 03.

Ketua panitia pelaksana (Panpel), Gunawan Abu Umar dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari BPM ini adalah meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar dipemukiman kumuh perkotaan, guna mendukung mewujudkan pemukiman perkotaan yang layak huni provit yang berkelanjutan, sehingga akses yang digunakan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Kegiatan ini sangat luar biasa karena partisipatif masyarakat sangat antusias, begitu masyarakat mendengar ada serah terima aset BPM, spontan masyarakat mengatakan biarlah mereka yang menanggung semua biaya,” pungkas Gunawan.

Sementara itu, perwakilan BPPW kota Ternate, Asmawaty Sangaji dalam sambutannya memaparkan bahwa BPM anggaran tahun 2019 diprioritaskan bagi tiga kelurahan yakni Bastiong Talangame, Soa Sio dan Mangga Dua. Dirinya menyebutkan untuk anggaran pada masing-masing kelurahan diberikan Rp 1 miliar.

Lebih lanjut, As sapaan akrabnya mengatakan untuk Bastiong Talangame penanganannya seperti penanganan saluran dan RTP, pasalnya Bastiong Talangame tepatnya di RT 09 merupakan lokasi rawan sanitasi yang bisa berdampak banjir dengan debit air yang tinggi sehingga bisa meresahkan warga setempat.

“Kalau untuk Kelurahan Mangga Dua dilakukan penanganannya berupa saluran dan pekerjaan paving, sedangkan untuk kelurahan Soa Sio juga penanganan saluran,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Wali kota, Hi. Abdullah Tahir, SH saat menyampaikan sambutan sekaligus melakukan penyerahan aset BPM kepada tiga kelurahan mengatakan, untuk ketiga kelurahan yang mendapatkan bantuan harus bersyukur, serta menjaga dan merawat apa yang telah dibangun,

Wawali juga menyampaikan apresiasi kepada Balai Satker yang melalui program bantuan KOTAKU bagi warga ini bisa berlanjut terus dan tidak hanya sampai disini saja.

Dirinya menyebutkan bahwa di kota Ternate bukan hanya tiga kelurahan saja, tapi hampir semua di 78 kelurahan yang ada di kota Ternate ini belum terlepas dari sampah. Sehingga dirinya berharap bagi semua masyrakat kota Ternate agar tidak membuang sampah sembarangan dan selalu menjaga kebersihan lingkungan.

“jadi warga yang sudah dapat bantuan diharapkan bisa merawat dan menjaga lingkungan ini, dan jangan membuang sampah sembarangan lagi,” tegas Wawali.

Acara dilanjutkan dengan pengguntingan pita sekaligus dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada 3 kelurahan penerima BPM oleh Wawali Kota Ternate dan Perwakilan BPPW dan Satker Kota Ternate. (NN)