Beranda Maluku Utara Persiapan Forum Bisnis Di Dua Negara, Staf Khusus Bupati Hadiri Kegiatan Koordinasi...

Persiapan Forum Bisnis Di Dua Negara, Staf Khusus Bupati Hadiri Kegiatan Koordinasi Persiapan Penggalangan Pengusaha

501
0
Staf Khusus Bupati Morotai, saat hadiri kegiatan koordinasi persiapan penggalangan pengusaha. (Foto: Istimewa)

MOROTAI – Bupati Pulau Morotai Benny Laos dalam hal ini diwakili oleh Koordinator Staf Khusus Bupati, Semuel Samson, Jumat (7/2) bertempat di Hotel Atria Tangerang Banten Jakarta, menghadir koordinasi dan penggalangan pengusaha untuk persiapan forum bisnis di Negara Spanyol dan Portugal, pada Juni 2020 yang akan datang.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Setda Pulau Morotai, Ailan Goroahe mengatakan, “Penggalangan pengusaha dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di wilayah timur (Maluku dan Maluku Utara), guna kesuksesan rencana dimaksud, karena Kementerian Luar Negeri telah mengajukan sebuah Program Prioritas Nasional (PPN) pada tahun ini,” ucap Ailan, dalam rilisnya kepada wartawan, Rabu (12/2).

Kegiatan PPN, lanjut Ailan, “Bertujuan untuk memanfaatkan momentum 500 tahun pelayaran, dengan cara Keliling Dunia atau 500 Year of the First Globe Circumnavigation oleh tim ekspedisi Magellan dan Elcano (Portugal & Spanyol) untuk mencari dan menemukan daerah penghasil rempah-rempah di Nusantara yaitu di Kepulauan Maluku dan Maluku Utara,” jelasnya.

Kegiatan ini juga, kata Ailan, “Tak lain merupakan Duta Besar RI untuk Beograd, Serbia (2010-2014) untuk memaparkan potensi perikanan, rempah-rempah, dan pariwisata yang dimiliki Morotai. Dubes Semuel Samson sendiri juga memaparkan materi yang bertemakan Doing Business in Europe,” tuturnya.

Masih kata Kabag Humas, “Dikesempatan yang sama Kemenlu juga mengagendakan temu bisnis yang diberi nama Circumnavigation Business Forum (CBF) 2020, dan akan dirangkaikan dengan penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) 2020. Untuk itu, Morotai yang sudah direncanakan menjadi pilot project diplomasi ekonomi menyambut baik kebijaksanaan Kemenlu,” tutupnya. (Ical)