Beranda Maluku Utara Cegah Corona, Dinkes Morotai Lakukan Pemeriksaan Penumpang KM. Geovani 

Cegah Corona, Dinkes Morotai Lakukan Pemeriksaan Penumpang KM. Geovani 

167
0
BAGIKAN
Tim Dinkes Saat Lakukan Pemeriksaan Penumpang KM. Geovani.

MOROTAI – Setelah melakukan pembentukan tim Satgas Pencegahan Virus Corona atau Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulau Morotai, Kamis (19/3) bertempat di pelabuhan Imam Lastori melakukan pemeriksaan terhadap semua penumpang KM. Geovani yang baru tiba.

Kasi P2M Dinkes Pulau Morotai Taufik mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan ini berupa pengecekan suhu tubuh para penumpang mengunakan alat Thermo Scan.

”Pemeriksaan di pintu masuk, dan penumpang yang baru turun dari KM. Geovani dengan rute Manado-Ternate dan Morotai,” ucap Taufik, saat dikonfirmasi wartawan.

Lanjutnya, Hal ini kami lakukan setelah penumpang turun untuk membatasi apabila ada ancaman virus, dan ini sifatnya preventif.

”Jadi kalau ada kapal yang datang kita fokus pada orang-orang dengan riwayat bahwa mereka pernah berpergian di daerah-daerah yang sudah positif virus corona, karena menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bahwa daerah yang sudah ada wabah virus corona itu, yakni Jakarta, Medan, dan Manado,” terangnya.

Untuk itu, kami menginformasikan bahwa kalau ada gejala klinis yang nanti memburuk mereka bisa segera ke unit pelayanan kesehatan terdekat, baik puskesmas mapun rumah sakit.

”Jadi paling utama kita deteksi dari awal dan memberikan mereka edukasi sehingga mereka tidak berdiam diri ketika gejala klinis itu sudah mulai muncul,” tuturnya. (Ical)