Beranda Halmahera Timur Antisipasi Pedagang Musiman Saat Ramadan, Disperindakop Akan Keluarkan Edaran

Antisipasi Pedagang Musiman Saat Ramadan, Disperindakop Akan Keluarkan Edaran

629
0
Kepala Dinas Perindakop Haltim, Taslim Manaf.

MABA – Sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus Corona (COVID-19) di Halmahera Timur (Haltim), dalam memasuki bulan suci ramadan, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi UMKM (Disperindagkop) Haltim, akan mengeluarkan edaran dalam mengantisipasi para pedagang musiman yang biasanya menjajakan dagangannya di titik tertentu secara berkelompok.

Kepala Dinas Perindakop Haltim, Taslim Manaf, kepada wartawan Senin (20/4), di ruang kerjanya mengatakan pihaknya sudah menyusun sejumlah langkah strategis untuk mengantisipasi para pedagang agar sesuai dengan protokol penanganan COVID-19.

“Kita akan melayangkan surat edaran di setiap desa agar tidak ada warga yang berjualan secara berkelompak atau berkumpul di titik-titik tertentu,” ungkap Taslim.

Dikatakan, untuk kebijakan tersebut tentunya Disperindag akan berkoordinasi dengan semua pihak baik pemerintah desa dan beberapa dinas terkait salah satunya Dinas Kesehatan Haltim.

“Jadi para pedagang bisa berjualan di rumahnya masing-masing tapi tidak dibenarkan berkumpul di titik tertentu,” tegasnya.

Dia juga menambahkan, untuk penerapan kebijakan tersebut pihaknya juga mengakui sangatlah berat pasalnya di tengah pandemi saat ini yang berdampak secara ekonomi warga juga membutuhkan pendapatan tambahan apalagi di saat ramadan.

“Tetapi karena ini juga menyangkut kebaikan kita bersama, maka langkah ini tetap kita ambil sambil mencarikan solusinya dengan berjualan di rumah saja, agar warga juga bisa ada pendapatan,” katanya.

Sementara itu, untuk memastikan agar para pedagang musiman berjualan sesuai dengan protokol kesehatan, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait agar para pedagang juga bisa diberikan edukasi kesehatan.

“Jadi dalam waktu dekat kita sudah mulai sebar edaran ini semua kecamatan dan desa untuk ditindaklanjuti,” pungkasnya. (HI)