Beranda Maluku Utara Dampak Pandemi, Pengusaha EO Banting Stir ke Usaha Kuliner

Dampak Pandemi, Pengusaha EO Banting Stir ke Usaha Kuliner

100
0
BAGIKAN
Salah satu menu andalan #izhermasak

TERNATE – Virus Covid-19 yang mewabah hampir di semua negara termasuk di Indonesia sangat berdampak pada semua sektor. Terlebih lagi pada sektor perekonomian yang dirasakan melemah.

Hal ini juga berlaku di provinsi Maluku utara khususnya kota Ternate yang merupakan kota jasa dan perdagangan. 1×24 jam transportasi baik darat maupun laut dan udara disibukkan dengan aktivitas perdagangan keluar masuk, kini terasa dibatasi karena adanya pandemi Covid-19.

Banyak karyawan yang dirumahkan karena pandemi ini, pengusaha-pengusaha di bidang UMKM juga banyak yang merugi dikarenakan produk makanan dan minuman yang dijual sudah kadaluarsa. Selain itu, masih banyak juga para pengusaha seperti usaha salon kecantikan, jasa sewa pakaian pernikahan, kasa Master Ceremony (MC) bahkan Even Organaizer (EO) yang biasanya ramai orderan kini sepi, karena adanya pandemi.

Head Creative C13 EO, Iszer Sangaji yakni salah pemiliki EO terbesar di kota Ternate sekaligus MC ini, ketika ditemui kepada media ini mengaku pandemi covid-19 sangat berdampak pada pendapatan EO nya. Dia juga mengaku saat ini orderan untuk EO dan job panggung untuk MC berkurang.

Jika sebelum masa pandemi dia bisa meraup pendapatan yang besar, kini saat pandemi job dan orderan berkurang.

“Sebelum pandemi, dalam seminggu tu job MC bisa 5 hingga 6 acara dan EO juga dalam sebulan pasti ada 3 hingga 4 orderan tapi sejak adanya pandemi ini justru berkurang bahkan sejak ada lockdown, saya job MC baru 2 kali hingga saat ini, dan EO belum ada yang order,” ungkapnya, Kamis (18/6).

Dengan begitu, akhirnya membuat dirinya banting stir beralih ke usaha kuliner. Sejak seminggu yang lalu dirinya menekuni usaha kuliner yang dinamakan #izsermasak yang dijual secara online.

Meski pendapatannya tak sebanding dengan usaha sebelumnya, namun usaha yang baru saja di mulai ini, sudah bisa mendapatkan hasil yang lumayan.

“Baru satu minggu berjualan kuliner, dan hasilnya lumayan bagus, bagi siapa yang pengen order bisa langsung hubungi saya via Facebook nama Izser Sangaji karena setiap hari saya posting menu makanan yang dijual,” ucapnya.

Untuk menu makanan, dirinya menyajikan lima menu yakni Tuna Saos Kuning Kering, Tempe Lap, Cumi Pare Saos Tiram, Tuna Kukus Jahe, Dabu-dabu dan Tempe Bakso Mercon. Di #izsermasak hanya melayani pre order sehingga siapa saja yang ingin memesan sebaiknya sehari sebelum dijual harus dipesan terdahulu karena usaha yang dijalankan sendiri dan proses masaknya juga sendiri ini, untuk pembeli dibatasi 10 hingga 13 orderan saja. (Kara)