Beranda Maluku Utara Dukung Sultan Baabullah Jadi Pahlawan Nasional

Dukung Sultan Baabullah Jadi Pahlawan Nasional

57
0
BAGIKAN
Foto bersama usai penandatanganan dukungan Sultan Baabullah menjadi Pahlawan Nasional. (Foto: Diskomsandi)

TERNATE – Dukung Sultan Baabullah menjadi Pahlawan Nasional, Wali Kota Ternate, Dr. Burhan Abdurahman SH. MM, bersama organisasi kepemudaan dan warga Ternate melakukan dukungan dengan menandatangani petisi di Lapangan Ngara Lamo Salero, Kecamatan Ternate Utara, Minggu 28/6.

Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman mengatakan, pengusulan Sultan Babullah menjadi Pahlawan Nasional telah dilakukan, dan dalam waktu dekat, usulan tersebut akan dikaji pemerintah pusat, oleh karena itu hari ini minggu 28/6 Pemerintah Kota Ternate bersama masyarakat melakukan penandatanganan dukungan Sultan Baabullah sebagai Pahlawan Nasional.

“Hari ini kita menggalang dukungan secara moril kepada seluruh masyarakat Kota Ternate, supaya memberikan dorongan pada tim agar Sultan Babullah dapat ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional,” ungkap Wali Kota di usai menandatangani dukungan.

Dalam usulan tersebut, Pemkot juga ikut menyampaikan banyak referensi terkait sang sultan. Penyampaian ini juga sudah diteruskan ke Pemerintah Provinsi dan tim bentukan Pemkot yang didalamnya terdapat pakar sejarah.

“Dan dalam waktu singkat ini dewan gelar akan melakukan sidang. Maka hari ini kita gelar dukungan dari seluruh masyarakat,” ucapnya.

Burhan berharap dengan dukungan ini Sultan Babullah dapat ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional dari Maluku Utara.

Selain Itu, Wakil Ketua TP2GD Kota Ternate, Sahroni A Hirto kepada wartawan mengatakan gerakan penggalangan tandatangan dukungan ini sangat penting kepada Pemerintah Pusat untuk memberikan dukungan kepada Sultan Baabullah menjadi Pahlawan Nasional.

“Gerakan ini sudah dimulai sejak tahun 2019 dan pada bulan Juli nanti akan dilakukan sidang pemberkasan dan sidang pengujian naskah akademik dan selanjutnya dibentuk dewan pemberi gelar oleh Presiden Joko Widodo,” ungkap Sahroni yang juga Ketua KNPI Kota Ternate.

Sahroni juga berharap, Sultan Babullah dapat dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo.

Sultan Baabullah adalah  Sultan Ternate ke-24 yang berkuasa antara tahun 1570 – 1583. Ia dikenal sebagai sultan terbesar sepanjang sejarah, yang berhasil mengalahkan Portugis dan mengantarkan Ternate ke puncak keemasan di akhir abad ke 16. Sultan Baabullah juga dijuluki sebagai penguasa 72 pulau berpenghuni yang meliputi pulau–pulau di nusantara bagian timur,  Mindanao Selatan dan kepulauan Marshall (Sumber Wikipedia).  (HI).