Beranda Maluku Utara Peningkatan SDM, Pemkot Kerja Sama dengan UI

Peningkatan SDM, Pemkot Kerja Sama dengan UI

75
0
BAGIKAN

TIDORE KEPULAUAN – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) dan Universitas Indonesia (UI) resmi jalin kerja sama peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini ditandai dengan Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (NKB) antara pihak rektorat UI yang diwakili  Kepala Badan Kerjasama, Ventura dan Digital Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi bersama Walikota Tidore Kepualauan Capt. Ali Ibrahim, bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Pusat Administrasi UI, Depok, Rabu (05/08).

Kerja sama Kota Tidore Kepulauan dengan UI dikhususkan dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Dimana nantinya UI diberikan ruang dalam melakukan berbagai penelitian dan pengembangan di masyarakat.

Walikota Tikep Capt Ali Ibrahim didampingi Kepala Dinas Pertanian, Imran Yasin,  bersama Asfarinal dan Bambang MS serta dari pihak Universitas Indonesia yang diwakili oleh Kepala Badan Kerjasama, Ventura dan Digital Prof. Dedi Priadi, Direktur Kerjasama Dr. Toto Pranoto, dan Kepala Humas dan KIP Dra. Amel Lusia.

Prof. Dedi Priadi mengatakan, bahwa pihak rektorat UI sangat menerima dengan tangan terbuka dan akan mensuport Pemerintah Kota Tidore Kepualauan. Dia juga berharap dengan penandatangan NKB ini tentunya nanti diharapkan ada kegiatan-kegiatan lanjutan.

“Tentunya kita sangat welcome sekali pimpinan UI sangat mensuport karena memang kita membawa nama Universitas Indonesia. Jadi hari ini khusus dengan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, tentunya sangat kita dukung dan berharap nanti kedepan ada kegiatan-kegiatannya lainnya,” ujar Prof Dedi.

Lebih lanjut Prof Dedi mengatakan, “Karena NKB ini masih umum, nanti teman-teman Tim Tidore bisa menjabarkan, kira-kira bisa kerjasama apa saja yang kita bisa mensupport selain peningkatan SDM”. Dikatakannya, UI juga memiliki banyak kegiatan, banyak program-program yang bisa disinergikan dengan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan kedepan.

“Ada yang misalkan program pengabdian masyarakat, program kesehatan yang mahasiswa kita bisa kirim ke sana. Jadi mungkin ini yang kita harapkan kerjasamanya kedepan selain peningkatan SDM tadi,” jelas Prof Dedi.

Pada kesempatan itu Prof Dedi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Walikota Tidore Ali Ibrahim atas kehadiranya. “Barang kali nanti bergantian dari UI yang ke Pulau Tidore,” tutup Prof Dedi.

Sementara, Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada pihak rektorat UI atas penyambutannya.

“Saya atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Tidore sangat mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya dan juga terima kasih kepada pihak UI. Pak Prof dan jajaranya pada hari ini telah menyediakan waktu untuk kami dari Tidore. Walaupun kesibukan bapak yang luar biasa masih meluangkan waktu untuk lakukan penandatanganan kerjasama ini,” ujar Ali Ibrahim.

Lanjut Ali menjelaskan, sumber daya manusia untuk kantor Wali Kota Tidore Kepulauan masih sangat minim. Saat ini kata dia, untuk yang bergelar doktor kurang lebih hanya tiga orang sejak Tidore ditetapkan jadi Kota pada tahun 2003.

“Ketika kami di lantik sejak bulan Februari 2016 ditahun pertama dalam perjalanan, saya mengevaluasi bahwa kita ini butuh SDM, kuncinya SDM,” jelas Ali Ibrahim.

Ali Ibrahim mengatakan bahwa saat ini Kota Tidore juga telah lakukan kerja sama dengan Universitas Khairun, dengan diberikan kesempatan staf-nya untuk kuliah S2 di UNHAIR maupun di Universitas Muhammadiyah Ternate.

“Jadi saya memberikan kesempatan kepada ASN Tidore termasuk juga kepada para Guru untuk peningkatan SDM. Tidak ada kata lain kecuali peningkatan SDM. Saya sampaikan kepada mereka, kita berubah karena SDM dan disiplin,” tegasnya.

Untuk itu, Sang kapten Ali Ibrahim mengucapkan rasa syukur bisa lakukan penandatanganan kerjasama peningkatan SDM dengan UI untuk kemajuan Kota Tidore kedepan.

“Alhamdulillah, mudah-mudahan kerjasama dengan UI membawa kebaikkan buat Kota Tidore Kepulauan, dan setelah menandatangani NKB ini kami akan menindaklanjuti dengan Prof. Toto dan jajarannya dalam bidang-bidang apa saja terutama di spesialis kedokteran,” ucapnya.

Dia menuturkan, setelah dirinya menjabat Wali Kota Tidore masuk tahun keempat ini sudah menargetkan rumah sakit dengan tipe D akan diupayakan menjadi tipe C.

“Saya sudah mengirim 15 orang untuk kuliah spesialis kedokteran, Alhamdulillah tahun ini mereka sudah bisa selesai dan bisa kembali mengabdi di Tidore Kepulauan,” pungkasnya.

Usai penandatangan NKB, Wali Kota Tikep dan dan pihak rektorat UI, melakukan penanaman dua jenis rembah khas Tidore secara simbolis yaitu pohon Cengkeh dan pohon Pala di samping kanan kantor Pusat Administrasi (Rektorat) Universitas Indonesia.

Wali Kota Tikep Ali Ibrahim dan Kepala Badan Kerjasama, Ventura dan Digital UI Prof. Dedi Priadi bersama-sama menanam pohon Cengkeh, sedangkan Kadis Pertanian Tikep Imran Yasin dan Direktur Kerjasama UI Dr. Toto Pranoto bersama-sama menanam pohon Pala. (Hms/SS)