Beranda Maluku Utara IDI, Jurnalis dan Gugus Tugas Malut Bagi-bagi Masker

IDI, Jurnalis dan Gugus Tugas Malut Bagi-bagi Masker

533
0

TERNATE –  Upaya menerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bersama Jurnalis dan Humas Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Maluku Utara, Minggu (23/8) membagikan ribuan masker kepada masyarakat Kota Ternate di sejumlah titik seperti di pelabuhan semut, Pasar Dufa-Dufa dan tempat wisata.

Koordinator Humas Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19, Mulyadi Tutupoho kepada wartawan mengatakan pembagian masker ini merupakan langkah menjalankan Istruksi Presiden (Inpres) nomor 06 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Virus Corona atau Covid-19.

“Pembagian masker tersebut merupakan salah satu bagian implementasi Inpres Nomor 6 Tahun 2020,” ungkap Koordinator Bidang Humas, Mulyadi Tutupoho.

Menurutnya, kegiatan tersebut untuk mendukung masyarakat dalam penerapan protocol kesehatan, dalam menjalankan kehidupan baru atau bagian dari upaya pencegahan Covid-19.

Sementara itu ketua IDI Wilayah Maluku Utara, dr Alwiah Assagaf pada kesempatan itu mengatakan, tiga hal yang paling penting dalam upaya pencegahan Covid-19 yakni, pakai masker jika keluar rumah, jaga jarak minimal 1 meter serta selalu mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir.

dr Alwiah Assagaf juga mengatakan,  yang paling dianjurkan adalah penggunaan masker. Sebab katanya, pintu masuk dari virus Corona melalui mata, hidung dan mulut sehingga memakai masker terbukti menjadi cara paling efektif dalam mencegah penularan virus corona, yang utamanya menyebar lewat transmisi udara.

“Maka selalu dianjurkan masyarakat disiplin untuk menggunakan masker,” sebutnya.

Dikatakannya lagi, Virus dapat menyebar melalui kontak langsung ketika seseorang mengeluarkan tetesan dari batuk atau bersin kepada orang lain. Atau, bisa pula dari kontak tidak langsung ketika seseorang batuk atau bersin pada suatu permukaan benda yang kemudian disentuh oleh orang lain.

Selain itu juga kata dr Alwia Assagaf, pembagian masker tersebut dilibatkan seluruh dokter yang ada di Kota Ternate sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat. (HI)