Beranda Halmahera Selatan Kunjungan ke Halmahera Selatan, Kapolda Malut Tinjau Pembangunan Hilirisasi Nikel di Obi

Kunjungan ke Halmahera Selatan, Kapolda Malut Tinjau Pembangunan Hilirisasi Nikel di Obi

483
0
Kapolda Maluku Utara, saat memberi sambutan pada kunjungannya di Harita Nickel. (Foto: Istimewa)

HALSEL – Kepala Kepolisian Polda Maluku Utara Irjen Pol Rikwanto, meninjau perkembangan pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian nikel di Pulau Obi, Halmahera Selatan, pada Selasa (22/9) lalu.

Kunjungan tersebut bertujuan mengetahui perkembangan terkini pabrik bahan baku baterai mobil listrik yang dikembangkan oleh HARITA Nickel.

Kapolda dalam kunjungan kerja ini menyampaikan apresiasinya kepada perusahaan. Perusahaan dianggap sangat serius mendukung program pemerintah dalam upaya meningkatkan nilai tambah sumber daya alam dalam negeri.

“Kami sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan HARITA, terutama dalam mengembangkan pengolahan dan pemurnian nikel yang dapat dijadikan sebagai bahan baku baterai kendaraan listrik. Hal ini selain meningkatkan nilai sumber daya alam kita, juga sangat mendukung program lingkungan nantinya,” ungkap Irjen Pol Rikwanto saat bersilaturahmi dengan Manajemen Harita Nickel.

Kapolda juga menyampaikan kehadiran industri bahan baku baterai kendaraan listrik ini merupakan kebanggaan bagi Maluku Utara. Industri ini nantinya menjadi yang pertama di Indonesia dan itu ada di Maluku Utara. Oleh karena itu, Kapolda berharap agar upaya pembangunan ini dapat berjalan dengan baik.

“Kami sangat mendukung perusahaan yang serius berinvestasi di Maluku Utara. Kehadiran perusahaan akan membawa banyak sekali dampak positif, khususnya bagi masyarakat lingkar tambang dan lingkungan. Selain itu, investasi yang berjalan juga akan memberi kontribusi bagi negara, baik Pusat maupun Daerah. Semua pemangku kepentingan diharapkan dapat mendukung cita-cita bersama ini dan menjadikan Maluku Utara sebagai daerah yang aman dan nyaman untuk investasi. Yang terpenting, semua harus sesuai dengan aturan,” tambah Kapolda.

Sementara, Direktur Utama Trimegah Bangun Persada Donald Hermanus yang mewakili HARITA Nickel sangat berterimakasih atas kunjungan kerja Kapolda Malut. Dukungan dari berbagai pihak menjadi penyemangat bagi perusahaan untuk terus dapat berkontribusi kepada bangsa dan negara.

“Kami memiliki cita-cita, kehadiran kami di Maluku Utara dapat memberikan manfaat optimal bagi semua pihak, baik Pemerintah maupun masyarakat dan lingkungan. Kami sebagai bagian dari Maluku Utara akan bergandengan tangan membangun Maluku Utara,” ungkap Donald di hadapan Kapolda.

Kapolda beserta jajarannya menyempatkan diri mengelilingi kawasan operasional Harita Nickel. Rombongan melihat aktivitas operasional peleburan nikel (smelter) yang telah beroperasi sejak 2016.

Selain itu, Kapolda meninjau perkembangan pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian (refinery) yang telah memasuki tahap akhir.

Pada kunjungan ini, Kapolda beserta jajarannya juga menyempatkan diri menanam pohon kenangan di area operasional HARITA Nickel.

Seluruh rangkaian acara kunjungan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah potensi penularan Covid-19.

“Penerapan protokol pencegahan Covid 19 di HARITA sudah berjalan dengan baik. Ini harus terus dijaga dan ditingkatkan. Tidak boleh ada yang menyepelekan atau mengabaikan protokol kesehatan di masa pandemi. Semua untuk kebaikan kita bersama, perusahaan dan juga keluarga kita,” tutup Kapolda. (Rls/HI)