Beranda Maluku Utara Memperingati Sumpah Pemuda, Pengurus Karate Cabang Tidore Gelar Kejuaraan INKAI

Memperingati Sumpah Pemuda, Pengurus Karate Cabang Tidore Gelar Kejuaraan INKAI

50
0
BAGIKAN

TIDORE KEPULAUAN – Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda  Tahun 2020, Pengurus Institut Karate (Do) Indonesia (INKAI) Cabang Kota Tidore Kepulauan (Tikep) menggelar Kejuaraan Karate di Internal INKAI Kota Tidore Kepulauan dengan mengusung tema “Solidarity in Good Sportsmanship” yakni meningkatkan persatuan dan kesatuan sesama karateka INKAI serta meningkatkan prestasi dengan tidak lupa menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas,” yang dibuka secara resmi Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembanguan Muhammad Yasin mewakili Penjabat Walikota Tidore Kepulauan bertempat di Aula SMA N 1 Tidore, Minggu (25/10).

Mewakili Walikota Tidore Kepulauan Asisten Setda Bidang Ekonomi dan Pembangunan dalam sambutannya mengatakan bahwa olahraga tetap menjadi perhatian Pemerintah sesuai amanat Undang-undang tentang sistem olahraga nasional. Dan Pemerintah mempunyai kewajiban untuk membangun, membina, mengembangkan serta menyelenggarakan pembangunan keolahragaan di daerah.

Hal ini  merupakan bagian dari tanggung jawab pembangunan manusia seutuhnya sehingga peran pemerintah dalam membina dan mengembangkan sistem keolahragaan yang ada di daerah menjadi salah satu bagian yang terintegrasi dalam pembangunan manusia seutuhnya.

“Kepada atlet karate, agar  terus dan tetap membina serta mengembangkan diri untuk terus maju dan berprestasi tidak saja di ajang ini namun teruslah berlatih untuk mengharumkan nama daerah serta nama masyarakat Kota Tidore di kancah/ajang Nasiobal dan Internasional,” harap Yasin.

Sementara ketua panitia yang juga merupakan Sekretaris Umum INKAI Kota Tidore, Abd. Malik Salasa, mengatakan kejuaraan Karate yang dilakukan ini dikhususkan bagi karateka INKAI untuk mengasah kemampuan dan mental bertanding Karateka INKAI Tikep dalam persiapan mengikuti kejuaraan yang lebih bergengsi baik di Maluku Utara maupun di luar daerah Maluku Utara kedepan. Kejuaraan ini akan dilaksanakan tanggal 25 Oktober 2020 dan diikuti 53 karateka dibawah naungan Pengurus Institut Karate (Do) Indonesia (INKAI) Cabang Kota Tidore Kepulauan.

Dalam kejuaraan ini, sebanyak 8 kategori yang akan dipertandingkan baik kelas Kata maupun Komite, sehingga dari iven ini dapat melahirkan karateka-karateka muda yang bisa mengharumkan nama daerah di kancah Nasional. “Rata-rata Karateka berusia di bawah 10 tahun sehingga kedepan kita harapkan mereka semakin matang menguasai bela diri Karate,” harapnya.

Perlu diketahui bahwa saat ini, tercatat ada 60 Karateka yang dilatih oleh INKAI Cabang Tidore dan sebanyak 15 orang yang baru bergabung latihan pada awal September lalu.

Turut hadir Ketua Umum INKAI Cabang Kota Tidore Kepulauan, Ketua Umum INKAI Propinsi Maluku Utara, Ketua KONI Kota Tidore, Pimpinan Forkompinda, para wasit dan juri. (Hms/SS)