Beranda Maluku Utara Hadiri HUT DWP Ke-21, Sekda Malut Ajak Anggota DWP Menjadi Mitra Strategis...

Hadiri HUT DWP Ke-21, Sekda Malut Ajak Anggota DWP Menjadi Mitra Strategis Pemerintah 

162
0
BAGIKAN

TERNATE – Acara puncak hari ulang tahun (HUT) Dharma Wanita Persatuan DWP Provinsi Maluku Utara yang berlangsung di Sahid Bella Hotel Ternate, Senin (14/12) dengan mengusung tema “Peran Dharma Wanita Persatuan Dalam Pemberdayaan Perempuan Di Era Digital Untuk Mendukung Terwujudnya Ketahanan Keluarga Indonesia”.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Drs, Syamsudin A. Kadir mengatakan bahwa dalam perkembangan teknologi saat ini bisa menjadi peluang perempuan untuk meningkatkan ekonomi dan akan menjadi kekuatan baru yang mampu mendongkrak ekonomi keluarga.

Kehadiran DWP lanjut Sekda, sebagai organisasi perempuan yang cukup besar di Indonesia tentu saja bukan hanya sebagai wadah pemersatu istri ASN dan juga ASN wanita tapi seyogyanya memiliki peran krusial untuk turut mensukseskan pembangunan.

“Di usia yang ke-21 ini semoga DWP Provinsi Maluku Utara bisa lebih memaksimalkan perannya dalam membina kerja sama dan peningkatan kualitas perempuan untuk kesejahteraan”, harap Sekda.

Sebagai istri seorang ASN, berilah keteladanan dimanapun kita berada. Tentunya komitmen ini akan mempengaruh pada kredibilitas diri sendiri maupun suami dimana tempatnya bekerja, “Saya sangat mendukung semua program DWP yang telah dan akan dilaksanakan kedepannya dalam rangka memaksimalkan sinergitas dengan pemerintah untuk turut berkontribusi mensukseskan pembangunan daerah”, tutupnya.

Sementara itu ketua DWP Persatuan Provinsi Maluku Utara, Ny.Darmawati Syamsudin dalam sambutan tertulisnya mengatakan bahwa Dharma Wanita Persatuan merupakan salah satu organisasi perempuan terbesar saat ini, dengan jumlah anggota lebih dari 4 juta anggota yang merupakan istri ASN atau ASN perempuan, yang tersebar seluruh indonesia.

“Dengan keanggotaan yang demikian besar, maka sangat tepat DWP memposisikan diri sebagai mitra strategis pemerintah, dengan mengimplementasikan program kerja di tiga bidang utama kegiatan DWP, yaitu bidang pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya”, lanjutnya

Perkembangan teknologi informasi saat ini, menjadi tantangan sekaligus peluang bagi perempuan untuk berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi, oleh karena itu menjadi tugas DWP untuk dapat memberdayakan perempuan, mendorong pelaku usaha perempuan agar dapat terus berinovasi dibidang ekonomi, informasi dan pengetahuan tentang kewirausahaan di era digital melalui webinar dapat memberikan dampak positif untuk membantu pendapatan anggota DWP atau masyarakat sehingga dengan demikian dapat meningkatkan ketahanan keluarga”, ucapnya.

Darmawati juga menyampaikan bahwa DWP pada masa pandemi covid-19, sampai memasuki masa adaptasi kebiasaan baru DWP Provinsi Maluku Utara, telah mengesahkan dan mengukuhkan kepengurusan unsur pelaksana DWP Provinsi masa bakti 2019-2024 sebanyak 5 DWP kabupaten dan kota masa bakti 2019-2024.

“DWP juga mengikuti kegiatan webinar melalui virtual zoom yang dilaksanakan oleh Dharma Wanita Persatuan pusat antara lain Pelatihan online bahagia minim sampah rumah tangga,  Pemberdayaan ekonomi produktif dimasa pandemi covid-19, pencegahan sunat pada anak perempuan dan pencegahan perkawinan anak, gerakan wakaf di masa pandemik, Peran ibu pada penerapan protokol kesehatan dalan berwisata di era AKB, mengikuti puncak acara HUT ke-21 DWP yang dilksanakan oleh DWP Pusat secara online”, katanya.

“Saya berharap dengan mengikuti berbagai kegiatan tersebut, pengurus DWP dapat mensosialisasikan kepada anggotanya agar mereka juga dapat menerima informasi atau pengetahuan tersebut untuk ditindaklanjuti”, harapnya.

Sementara Ketua Panitia, Ny.Dewi Assagaf dalam laporannya mengatakan dalam pelaksanaa HUT ke-21 DWP Provinsi Maluku Utara yang dikemas dalam bentuk kegiatan yang sederhana, hemat biaya, menyentuh langsung kebutuhan anggota dan masyarakat serta patuh terhadap protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Kegiatan HUT  DWP Maluku Utara yang ke-21 diikuti oleh seluruh unsur pelaksana Dharma wanita Persatuan dilingkup Provinsi Maluku Utara.

Tujuan diadakan kegiatan HUT DWP yang ke-21 yaitu pada semua tingkat kepengurusan telah diisi berbagai macam kegiatan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing tempat, yakni seluruh kegiatan dapat diintegrasikan dengan hari-hari besar lainnya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah di tentukan oleh pemerintah”, urainya.

Sebagai anggota Dharma Wanita Persatuan, peringatan HUT ini lebih memperkuat rasa kebersamaan dan bangga terhadap organisasi serta bentuk partisipasi dan kontribusi terhadap program pemerintah”, ujar Dewi.

Pada kesempatan yang sama juga dirangkaikan dengan penyerahan hadiah bagi juara lomba administarsi DWP, louncing batik DWP Provinsin Maluku Utara yang bermotif pala dan cegkeh dan diakhir acara dilakukan pemotongan tumpeng sebagai simbol berlangsungnya HUT ke-21 Dharma Wanita Persatuan Provinsi Maluku Utara tahun 2020.

Hadir dalam kegiatan tersebut, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Maluku Utara, Ketua dan anggota DWP Provinsi Maluku Utara, Ketua dan anggota DWP Kabupaten/Kota, serta tamu undangan lainnya.(Hms/HI)