Beranda Halmahera Barat Pemprov Malut Serahkan Bantuan kepada Korban Banjir di Halmahera Barat

Pemprov Malut Serahkan Bantuan kepada Korban Banjir di Halmahera Barat

122
0
BAGIKAN
Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui BPBD setempat menyerahkan bantuan kepada masyarakat korban banjir dan tanah longsor di Halbar. (Foto: Istimewa)

HALBAR – Setelah memberikan bantuan kepada pengungsi Korban banjir di Kabupaten Halmahera Utara. Pemerintah Provinsi Maluku Utara kembali menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Rabu 20/01/21.

Penyerahan bantuan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kepada korban banjir itu merupakan instruksi langsung Gubernur Maluku Utara (Malut), KH Abdul Gani Kasuba.

Setelah melakukan peninjauan dan mendapat informasi kebutuhan para korban dan pemerintah setempat, Kepala BPBD Yunus Badar bersama tim langsung mendistribusi bantuan kebutuhan mendesak para korban banjir di Halut, pada 18 Januari lalu.

Setelah berselang sehari, Menteri Sosial RI Tri Rismaharini bersama Gubernur dan Forkopimda Malut meninjau lokasi banjir dan menyerahkan bantuan di Halut, BPBPD Malut langsung bergerak menuju Jailolo, Halbar untuk menyalurkan bantuan.

“Semua daerah di Maluku Utara terdampak banjir akan diberikan bantuan. BPBD hari ini sudah salurkan bantuan ke Halbar, itu (bantuan) dari pusat dan daerah,” ungkap Gubernur KH Abdul Gani Kasuba kepada awak media kediamannya di Ternate.

Gubernur berharap bantuan tersebut dapat membantu penanganan korban banjir di Halbar.

“Semoga kedepan daerah kita ini dijauhkan dari bencana,” ucap Gubernur

Terpisah, Yunus Badar kepada media mengungkapkan dirinya bersama tim sudah menyerahkan bantuan logistik dari BPBD Provinsi ke Pemkab Halbar yang diterima oleh Asisten 1 Markus Saleki, di kantor BPBD Halbar.

“Atas perintah pak Gubernur kami hari ini sudah menyerahkan bantuan ke Pemda Halbar,” ucap Yunus ketika dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler.

Bantuan logistik yang diserahkan meliputi perlengkapan bayi, family kit, matras, selimut, tenda, hazmat, masker kain, perlengkapan sandang, vitamin C, perlengkapan, hand sanitizer dan tisu basah.

Usai penyerahan logistik, Yunus bersama Pemda Halbar meninjau titik pengungsian korban banjir di desa Sidangoli Gam, Kecamatan Jailolo Selatan.

“Tapi masyarakat terdampak banjir yang awalnya mengungsi sudah kembali kerumah masing-masing,” ujar Yunus.

Yunus mengungkapkan, berdasarkan laporan BPBD Halbar, bencana alam yang terjadi pada 14 – 16 Januari 2021 di wilayah itu terdiri dari banjir, tanah longsor, hingga angin puting beliung.

Banjir melanda 5 kecamatan dan 17 desa, lalu tanah longsor terjadi di Kecamatan Jailolo ruas jalan Jailolo-Sidangoli dan Kecamatan Loloda ruas jalan desa Soa-sio, kemudian angin puting beliung menyasar kecamatan Jailolo Selatan di desa Gamlengen dan Kecamatan Loloda di desa Tolofuo.

“Sesuai data BMKG masih berpotensi curah hujan yang tinggi sepekan kedepan, maka hal tersebut menjadi warning dan perlu kewaspadaan bagi kita semua,” tandasnya. (HI)